Kopi Typica, Kopi Arabika Terbaik di Dunia

382 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Image result for java typica

Membahas masalah kopi memang tidak akan pernah ada habisnya. Semakin dikulik akan semakin penasaran dengan kopi. Kopi tak hanya memiliki satu atau dua jenis saja, tetapi memiliki ribuan jenis. Satu jenis varietas kopi, jika diolah dengan cara yang berbeda akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda pula. Selain varietas, ada pula istilah single origin yang turut muncul dalam pembicaraan. Namun, banyak orang keliru atau mencampuradukkan antara varietas dengan single origin.

Varietas adalah istilah yang merujuk pada subspesies dari bibit kopi yang ditanam. Berbeda dengan varietas, single origin adalah istilah untuk mengidentifikasi asal daerah biji kopi tersebut ditanam.

Selain varietas, mungkin Anda juga pernah mendengar mengenai istilah kultivar. Apakah perbedaan dari keduanya?

Varietas kopi adalah istilah umum untuk subspesies kopi. Sementara kultivar adalah cultivated varietyatau varietas kopi hasil budidaya manusia. Budidaya kultivar dilakukan dengan mengembangkan atau menyilangkan varietas demi mendapatkan tanaman kopi unggulan.

Secara umum kopi dibagi menjadi dua bagian yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Dibandingkan dengan kopi robusta, kopi arabika memiliki jumlah yang lebih banyak, harganya juga lebih mahal. Salah satu kopi arabika terbaik di dunia adalah kopi Typica.

Typica merupakan varietas kopi arabika tertua dan bapak dari kebanyakan varietas yang ada. Konon, typica dan bourbon adalah biji kopi utama yang diambil dari Ethiopia dan dibawa ke Yaman.

Varietas ini termasuk jenis arabika yang paling penting dan berkontribusi bagi perkembangan varietas kopi di dunia. Pertama kali diambil dari Yaman dan menyebar ke Malabar, India. Dari India, dibawa ke Indonesia oleh Belanda pada masa kolonialisme.

Kopi Arabica Typica telah tumbuh, dihibridisasi dan disempurnakan, hingga saat ini oleh ahli-ahli kopi Indonesia. Kualitas di setiap cangkirnya sudah diakui oleh masyarakat dunia. Typica merujuk  karakteristik yang specific perfectly elegant dengan after taste yang kaya, dengan klasifikasi mutu Premium Speciality. Memiliki rasa yang seimbang antara body dan acidity, juga aroma yang kuat.

Java Coffee Jampit Typica dapat dibeli di PT Perkebunan Nusantara XII (jika beli dalam jumlah besar) atau di PT Rolas Nusantara Mandiri (untuk produk kemasan).

Contact person: