Pertahankan Citarasa Kopi Bondowoso, Wabup Irwan : Tingkatkan Profesional Petani

 1,641 total views,  3 views today

BONDOWOSO – Kopi asli Bondowoso kluster Java Ijen Raung telah dikenal di kancah dunia. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setemoat terus berupaya meningkatkan kualitas dam kuantitas citarasa kopi ini, sehingga tercipta mutu berkelas international.

“Petani kopi harus meningkatkan profesionalisme dalam bercocok tanam. Kalau musim petik harus yang merah. Jangan sampai hanya untuk memenuhi kuotanya, yang hijau juga ikut dipetik. Ini bisa mengganggu citarasa kopinya,” ucap Wakil Bupat (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat memimoin acara Panen Raya musim petik kopi di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Selasa (2/7/2019).

Menurut Wabup kelahiran Bondowoso ini, dengan meningkatkan profesionalisme tersebut, sektor perkopian khisisnya Java Ijen Raung tidak akan kehilangan pasar baik kelas nasional bahkan dikancah internasional.

“Kopi yang dipamerkan adalah kluster PTPN XII, itu sudah memiliki SOP. Mulai dari cara tanam hingga cara petiknya. Jadi, kelompok tani harus memberikan pengertian kepada para petani kopi. Pasti citarasa yang dihasilkan akan sesuai dengan standard internasional,” tegas Irwan.

Pada kesempatan tersebut, Politisi PDI-P itu juga menerangkan, bahwa Pemkab Bondowoso masih terus berupaya mengembangkan sektor perkopian dari wilayah barat, yakni di Pegunungan Hyang Argopuro.

“Kita masih proses mendapatkan sertifikat IG agar juga dapat menembus pasar Internasional,” pungkas Irwan Bachtiar. (yudis)

Source: https://bharata.co.id/pertahankan-citarasa-kopi-bondowoso-wabup-irwan-tingkatkan-profesional-petani/

Leave a Reply

Your email address will not be published.