PTPN XII launching aplikasi e-HRClinic

2,102 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Untuk membantu karyawan dalam mencari solusi permasalahan dalam hidupnya, PTPN XII membuka layanan HRClinic bagi karyawannya. Layanan HRClinic adalah layanan yang disediakan PTPN XII untuk membantu karyawan melakukan konseling dengan psikolog-psikolog profesional dari Bagian SDM. Pada awalnya, layanan HRClinic hanya melalui surat, email, dan tatap muka langsung. Seiring berkembangnya kebutuhan dan keinginan untuk mempermudah karyawan melakukan konseling, Bagian SDM menggandeng Sub Bagian TI membuat aplikasi HRClinic berbasis web dan android.

Aplikasi ini telah di-launching pada 15 Agustus 2019 lalu. Saat acara launching, Cholidi selaku Direktur Utama memberikan respon positif, “e-HR Clinic ini merupakan inovasi terbaru dari Bagian SDM dan Sub Bagian TI yg patut diapresiasi. Sesuai slogan HUT RI ke 74 bahwa kita memerlukan SDM Unggul Indonesia Maju. SDM Unggul PTPN 12 Maju”.

Cholidi juga berharap agar dengan adanya layanan ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan karena akan membantu menyelesaikan permasalahan yg dialami oleh mereka.

 “Aplikasi HRClinic memudahkan karyawan untuk melakukan konseling dengan psikolog-psikolog di Bagian SDM. Sehingga kami berharap dapat membantu karyawan menyelesaikan permasalahan hidupnya,” ujar Dian Yanuar Roffanna Kasubag Asesmen Center Bagian SDM saat ditemui di ruangannya.

Untuk menggunakan layanan ini, karyawan dapat mengakses alamat www.hrclinic.ptpn12.com atau mengunduh aplikasi Androidnya di website tersebut kemudian melakukan registrasi. Apabila ingin melakukan konseling masalah pribadi dan keluarga, karyawan dapat menggunakan identitas anonim sehingga dapat lebih leluasa menyampaikan masalahnya tanpa harus khawatir diketahui identitasnya. Namun untuk konseling terkait permasalahan pekerjaan, karyawan harus melengkapi data diri yang dapat diverifikasi oleh Bagian SDM. Hal ini harus dilakukan, agar saran-saran dan solusi dari Bagian SDM dapat tepat sasaran sesuai permasalahan yang dihadapinya di lingkungan pekerjaan.

Secara terpisah, Wisnuaji GP dari Sub Bagian TI menyampaikan “Saat ini hampir semua orang dapat mengakses internet melalui gadgetnya. Kehadiran aplikasi HRClinic ini turut membantu menjembatani karyawan dan Bagian SDM melakukan konseling dengan mudah hanya dengan gadget yang dimilikinya”.

“Karyawan tidak perlu khawatir terkait kerahasiaan data. Karena data di database HRClinic ini terjamin kerahasiaannya,” imbuh Lutvi Satriyo P dari Sub Bagian TI pada kesempatan yang sama.

Karyawan menyambut antusias penggunaan aplikasi HRClinic ini. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah karyawan yang mendaftarkan diri di aplikasi HRClinic selesai acara launching tersebut.(aj)