Perhutani Bangun Sinergitas dengan PTPN XII, Siapkan MoU

3,279 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pemprov Jatim, Bhirawa
Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur (KadivreJatim) Oman Suherman menerima jajaran Top Level Manajemen PT. PTPN XII (Persero) di Ruang Cendana Graha Perhutani Surabaya Rabu (09/10).

Dalam kesempatan itu Kadivre Jatim didampingi sejumlah administratur yang salah satu bagian wilayahnya merupakan penghasil kopi. Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka membangun sinergi BUMN, dan guna merumuskan point- point penting yang saling menguntungkan antara ke-dua belah pihak, yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman.

Rencananya Memorandum of understanding (MoU) akan ditandatangani dalam beberapa waktu ke-depan. Kadivre Jatim Oman Suherman mengemukakan beberapa hal, bahwa selama ini Perhutani kurang beruntung terkait sharing komiditas kopi yang dikerjasamakan dengan masyarakat.

Menurutnya, ada hal yang perlu ditinjau ulang khususnya sharing/bagi hasil. “Dari yang dulunya Perhutani itu terima beres, menerima dalam bentuk uang, sekarang saatnya aturan itu ditinjau ulang, mengingat harga kopi dunia itu fluktuatif sebaiknya Perhutani saat ini mendapatkan sharing produksi dalam bentuk natura,” katanya.

Menariknya dari pertemuan itu, Oman Suherman sempat melemparkan gagasannya diantaranya perlunya Perum Perhutani menanam sendiri komoditi tersebut, karena prospeknya sangat bagus. Hal tersebut juga direspon positif oleh PTPN.

Mendapat penjelasan panjang lebar dari Oman Suherman itu, M. Cholidi Direktur utama PTPN XII turut merespon positif dengan memberikan tanggapannya terkait hal itu. Untuk produk kopi hutan yang dihasilkan tersebut, masyarakat tak perlu khawatir dengan pemasarannya.
“Prinsipnya PTPN XII siap menampung bahkan bersaing dengan para tengkulak, ujarnya.

Salah satu point krusial dalam pertemuan itu intinya adalah bahwa PTPN XII siap menampung kopi rakyat seberapa pun banyaknya yang diproduksi, asal masyarakat mampu menjaga mutu sekaligus kwalitas sesuai standar. Pada prinsipnya PTPN XII siap sebagai of taker.

Saat ini potensi lahan hutan yang dimanfaatkan untuk budidaya tanaman kopi seluas 21.962,60 hektar yang tersebar dibeberapa wilayah kerja Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Divre Jatim, dengan jumlah petani penggarap sebanyak 30.931 orang. [rac]