Harga Kakao Akhir Pekan Melonjak Pasca Kerusuhan Militer Pantai Gading; Mingguan Melonjak 8 Persen

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (13/05) ditutup melonjak. Penguatan harga kakao terpicu kerusuhan yang terjadi di Pantai Gading yang memicu kekuatiran produksi kakao di negara produsen terbesar dunia tersebut.

Seperti yang dilansir Reuters, tentara meninggalkan barak mereka dan memblokir jalan-jalan di beberapa kota dan kota di Pantai Gading pada hari Jumat, termasuk ibukota komersial Abidjan, menembaki tembakan ke udara karena protes mereka atas perselisihan upah.

Pemberontakan tersebut dimulai semalam di Bouake, kota terbesar kedua, sebelum menyebar dengan cepat, mengikuti kejadian yang serupa dengan pemberontakan pada bulan Januari oleh kelompok yang sama yang melumpuhkan bagian-bagian negara tersebut dan mencoreng citranya sebagai kisah sukses pasca perang.

Di Abidjan, tentara, kebanyakan dari mereka adalah mantan pejuang pemberontak yang membantu membawa Presiden Alassane Ouattara berkuasa, memasang barikade di sekitar markas militer nasional dan kementerian pertahanan, menutup bagian pusat kota.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Juli 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup melonjak sebesar 63 dollar atau 3,23 persen pada posisi 2.015 dollar per ton.

Untuk minggu ini harga kakao melonjak 7,98 persen. Lonjakan harga kakao akhir pekan ini ditambah lonjakan harga kakao hampir 5 persen pada akhir perdagangan Selasa dinihari (09/05) terpicu kekuatiran penurunan panen Pantai Gading, membuat harga kakao semakin melonjak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas jika pelemahan dollar AS terus berlanjut. Namun perlu diwaspadai aksi profit taking setelah harga melonjak. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Resistance pada posisi 2.065 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.115 dollar. Sedangkan level Support yang akan ditembus jika terjadi penurunan ada pada 1.985 dollar dan 1.935 dollar.

 

Sumber : vibiznews.com (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter