Safari Ramadan Menteri BUMN ke Jawa Timur, Diawali dari Madura Berakhir di Malang

Pada hari Selasa, (6/6/2017), Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno melakukan Safari Ramadhan ke Jawa Timur. Apa yang menarik? Diantaranya soal kunjungannya ke Madura hingga kunjungannya ke Pabrik Gula atau PG Krebet Baru di Malang.

Khusus di Madura, diantara rangkaian kegiatan Meneg BUMn adalah datang di Kabupaten Sumenep. Pulau Madura bagi Meneg BUMN adalah hal yang istimewa.

Madura tidak hanya sekali ini dikunjungi oleh Menteri BUMN. Bahkan tahun lalu juga melakukan kunjungan ke Kabupaten Pamekasan dengan memberikan bantuan pengeboran sumber mata air untuk irigasi pertanian. Di Madura, telah direncanakan pula adanya pembangunan pabrik gula oleh BUMN. 

Ibu Rini M Soemarno melihat pulau Madura yang dikenal tanahnya tandus dan identik dengan kemiskinan, ingin mengajak semua jajaranya di lingkungan BUMN agar bisa mewujudkan peran nyata bahwa BUMN untuk negeri di Madura. Meneg BUMN menegaskan bahwa pembangunan ekonomi di semua sektor harus bisa dilakukan secara adil dari Sabang sampai Merauke, termasuk Madura.

Dari Madura perjalanan dilanjutkan menuju ke kabupaten Malang, langsung menuju Pondok Pesantren Annur Dua. Turut serta dalam rombongan:

- Bp Imam P Sesmen BUMN
- Bp Baiquni Dirut BNI
- Bp Wahyu Kuncoro Deputy BUMN
- Bp Gathot Deputy BUMN
- Bp Arum sabil Ket. Dewan Pembina APTRI
- Bp Kholidi Dirut PTPN XI
- Bp Berlino Dirut PTPN XII
- Bp Didik Dirut PT RNI
- Ibu Yesi Kep BNI Kanwil Malang.

Kehadiran Menteri BUMN Rini Soemarno beserta rombongan di Pondok Pesantren Annur Dua, saya liat, antusias disambut para santri dan pengasuh. Adapun pimpinan dan pengasuh Pondok yang hadir adalah pimpinan dan pengasuh dari Pesantren Annur satu, dua dan tiga. Karena saat ini memang Pondok Pesantren Annur sudah berkembang pesat dan menjadi tiga bagian yang dikembangkan oleh generasi penerusnya.

Adapun beliau para pengasuh Pondok Pesantren Annur:

Pondok Pesantren Annur Satu : DR. KH. Fahrur Rosi, MPd

Pondok Pesantren Annur Dua/  Almurtadlo : DR. KH. Fathul Bari Badruddin, MAg

Pondok Pesantren Annur Tiga/ Murah Banyu : KH. Umar Faruq

Dalam Kunjungan safari Ramadan di Pondok Pesantren Annur, Ibu Rini juga berkenan memenuhi keinginan dan permintaan PP. Annur Dua untuk melanjutkan pembangunan Aula Gedung Pertemuan yang tinggal sekitar 40 persen. Serta renovasi gedung sekolah Annur Satu.

Di samping itu Menteri BUMN juga memberikan batuan sembako 3.500 paket, juga bantuan lain berupa uang kepada :

PP ANNUR satu Rp 75.000.000
PP ANNUR dua Rp 100.000.000
PP ANNUR tiga Rp 50.000.000

Dalam sambutannya Ibu Rini Soemarno juga berharap agar kalangan Pondok Pesantren di Indonesia punya kemandirian di bidang ekonomi. Terkait hal tersebut Himpunan Bank Negara atau HIMBARA ditugaskan untuk menjadi mitra dan pendamping dalam pengembangan ekonomi pesantren.

 

Selanjutnya Safari Ramadan Menteri BUMN dilanjutkan menuju PG Krebet Baru I Milik PT RNI. PG Krebet Baru I dengan kapasitas terpasang sekitar 12.000 TCD menghasilkan gula sekitar 150.000 Ton setiap tahun. Disini Meneg BUMN memberikan apresiasi karena hasil kinerjanya baik, bahkan usulan Dirut PT RNI Bpk. Didik disetujui oleh Menteri BUMN terkait peningkatan Kapasitas Terpasang dari 12.000 Tcd Menjadi 15.000.Tcd.

Di sela-sela Pertemuan Menteri BUMN Bersama Petani dan Karyawan PG Krebet Baru I Arum Sabil Ketum Dewan Pembina DPP APTRI Menegaskan bahwa Petani Tebu dan Pabrik Gula harus Benar2 bisa bersinergi dalam Mewujutkan swasembada Gula Yang Berdaya saing.

Perjalanan Safari Ramadan pun diakhiri dengan berbuka bersama di Kebun Teh Wonosari Milik PTPN XII.

Dirut PTPN XII Bp Berlino bersama direktur Produksi Bp Anis Mendampingi Menteri BUMN menyerahkan bingkisan dan santunan kepada para pekerja pemetik Kebun Teh Wonosari dan dilanjutkan berbuka bersama dengan pekerja kebun dan karyawan Kebun Teh Agrowisata Wonosari.

Mengikuti rangkaian kunjungan Meneg BUMN tersebut, saya petik sebuah hikmah: "DALAM HIDUP TIDAK ADA YANG PALING HEBAT KARENA SESUNGGUHNYA HIDUP DAN KEHIDUPAN ITU ADALAH SALING MEMBUTUHKAN MAKA PELIHARALAH SILATUROHIM DAN TOLONG MENOLONGLAH DALAM KEBENARAN".

 

(djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter