PTPN XII Banyuwangi Hasilkan Produksi Cokelat Berkualitas Terbaik Dunia

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Salah satu perkebunan penghasil tanaman kakao atau coklat milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, Kendenglembu, Kecamatan Glenmore mempunyai hasil produksi biji cokelat yang merupakan kualitas terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

Di lokasi tersebut terdapat dua jenis kakao yang menjadi tanaman produktifnya, yakni jenis kakao edel dan kakao bulk. Kakao jenis edel inilah yang memiliki pengakuan dengan kualitas terbaik.

"Jadi kita punya produksi unggulan kakao terbaik di dunia yakni jenis edel. Ini hanya ada di Indonesia dan berada di PTPN XII salah satunya di Perkebunan Kendenglembu ini," jelas Manager PTPN XII Perkebunan Kendeng Lembu, Titon Tantular, Kamis (28/9/2017).

Cokelat di perkebunan ini rata-rata merupakan produk kualitas ekspor. Selain kualitas cokelat yang baik, harga jual juga cukup tinggi.

"Jenis cokelat edel atau biasa disebut cokelat mulia itu bisa tembus 7-8 Dollar, sementara cokelat biasa hanya sekitar 2,5-3 Dollar perkilogram," katanya.

Hasil produksi cokelat kualitas tinggi yang ada sejak jaman Belanda ini sudah merambah sejumlah negara besar di dunia. Meliputi Asia ada Singapura, Malaysia dan Jepang. Sedangkan Eropa, ada Italia, Belanda, Perancis hingga Amerika.

 

Sumber : garuda.industry.co.id (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter