Jokowi Persilakan Petani Manfaatkan Lahan Hutan Sosial untuk Tingkatkan Perekonomian Warga

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilahkan petani untuk memanfaatkan lahan perhutanan sosial milik pemerintah untuk meningkatkan perekonimiannya saat menghadiri pelaksanaan program perhutanan sosial untuk pemerataan ekonomi di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Probolinggo, Jawa Timur.

Pemanfaatan lahan itu, lanjut dia, tidak hanya terpaku pada kegiatan pertanian saja. Namun, para petani diperbolehkan mengubah lahan tersebut sebagai lokasi tambak.

Kepala Negara menjelaskan, pemanfaatan lahan yang telah diberikan izinnya tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses ke perbankan agar mendapatkan modal untuk kegiatan usaha para petani.

"Mau ditanami tembakau atau mau dibuat tambak (seperti di Muara Gembong) silakan, yang penting produktif, menghasilkan, dan bisa dipakai untuk akses ke perbankan," kata Jokowi seperti keterangan resmi dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden‎ Bey Machmudin‎, Kamis (2/11/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan,

pelaksanaan program perhutanan sosial untuk pemerataan ekonomi akan dilakukan di sejumlah lokasi di Indonesia.

"Ini berjalan terus. Kemarin kan di Jawa Barat, di Muara Gembong dan Teluk Jambe. Ini sekarang Jawa Timur di Jember, Probolinggo, dan Lumajang. Nanti di Jawa Tengah di Boyolali dan Pemalang," terang Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Sumber : okezone.com (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter