Klinik Pratama Rolas Medika Raih Puncak Peringkat Akreditasi Nasional

Resmi dibuka sejak tahun 2014 silam, Klinik Pratama Rolas Medika meraih sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Klinik pratama tersebut berhasil menjadi satu-satunya klinik pratama swasta yang meraih predikat akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI. 

Klinik Rolas Medika Jember adalah salah satu unit bisnis PT Rolas Nusantara Medika, yang merupakan anak perusahaan dari PTPN XII. Selain Klinik Pratama Rolas Medika, PT Rolas Nusantara Medika juga memiliki beberapa klinik yang berada di bawah naungannya yaitu Klinik Banjarsari (Bangsalsari), Klinik Kalikempit (Banyuwangi), Klinik Rolas Medika Malang, Klinik Utama SHVC Surabaya, Dokter Praktek Pribadi (DPP) Surabaya.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor TU.01.03/VI.14/275/2018 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Klinik Pratama Rolas Medika berhasil lolos dan meraih predikat akreditasi tertinggi bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yaitu Paripurna. Ini menjadikan Klinik Pratama Rolas Medika sebagai klinik pratama swasta pertama yang memiliki akreditasi tertinggi di Indonesia.

Kepala Grup Klinik PT Rolas Nusantara Medika Makrup MKes menuturkan, tujuan dari kegiatan akreditasi tersebut salah satunya adalah untuk memenuhi ketentuan dari pemerintah, yang mewajibkan semua pihak penyedia layanan kesehatan baik klinik pratama maupun rumah sakit harus diakreditasi.

Selain itu, pihaknya juga selalu berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan layanan klinik sesuai dengan standar yang baku. “Dengan segala upaya, kita selalu berusaha memenuhi komitmen tersebut,” tegasnya.

Klinik Pratama Rolas Medika bisa dikatakan sebagai one-stop service untuk pelayanan kesehatan tingkat pratama. Klinik yang berlokasi di Jalan Gajah Mada 15 tersebut sudah memiliki dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, apoteker, serta tenaga farmasi yang berkompeten di bidangnya. “Ketika pasien datang, tidak perlu bingung mau ngurus ke mana, sebab kita sudah menyediakan berbagai layanan, termasuk sistem laboratorium sederhana dan apotek,” imbuhnya.

Pihaknya juga bekerja sama dengan jejaring laboratorium dan apotek untuk menyediakan tambahan layanan lain. Termasuk kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai trauma center tingkat pratama. “Ini menjadikan Klinik Pratama Rolas Medika sebagai klinik rawat jalan yang menyediakan pelayanan medis dasar yang lengkap,” imbuhnya.

Proses akreditasi ini sudah berlangsung sejak akhir 2017 lalu, namun keputusannya baru keluar Senin kemarin. Makrup bertekad untuk bisa membuat seluruh klinik agar dapat memperoleh akreditasi, ke depannya. “Nantinya, saya ingin seluruh klinik pratama di bawah naungan PT Rolas Nusantara Medika bisa memberikan layanan paripurna kepada masyarakat,” tegasnya.

Perolehan akreditasi Paripurna ini menjadikan Klinik Pratama Rolas Medika sebagai pusat studi banding bagi klinik-klinik pratama lainnya. Sudah ada beberapa klinik baik di lingkup lokal Jember maupun regional Jawa Timur yang ingin berkunjung ke sini. “Kami melihat ini sebagai sarana sharing atau tukar pendapat, tujuannya supaya bisa terakreditasi dengan baik,” kata Makrup.

Sejatinya, tawaran kunjungan ini sudah berdatangan sejak sebelum memperoleh status akreditasi. Namun, pihaknya tak berani mengiyakan, sebab belum ada surat keputusan yang turun dari Kemenkes RI. “Setelah turun, baru kami bisa jadwalkan kunjungan-kunjungan yang ada,” lanjutnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Klinik Pratama Rolas Medika drg Hindun menuturkan, ada beragam aspek yang dinilai dalam akreditasi. Seperti manajemen klinik dan manajemen pelayanan medis, teknis dan operasional, serta kualitas dan mutu pelayanan pasien, dan sistem administrasi. 

“Setiap hari kunjungan, pasien di Klinik Pratama Rolas Medika selalu ramai, sehingga dibuka dua poli umum dengan dua dokter yang selalu stand by. Ini membuat pelayanan kami semakin efektif. Seiring dengan visi kami, yaitu menjadi klinik pratama terkemuka di Kabupaten Jember, didukung dengan prestasi capaian peringkat akreditasi Paripurna ini,” kata dia.

Peringkat akreditasi Paripurna ini tak lantas membuat Klinik Pratama Rolas Medika berhenti memberikan performa terbaiknya dalam melayani masyarakat Jember dan sekitarnya. Berkat komitmen dari seluruh pihak dan jajaran manajemen, termasuk dukungan dari Dinas Kesehatan Jember, pihaknya ingin baik internal maupun eksternal perusahaan dapat terus meningkatkan kinerjanya. “Termasuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pasien,” pungkasnya.

Sumber : jawapos.com (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter