Menteri BUMN Rasakan Sendiri Panen Kopi

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno tadi pagi (1/7) mendapatkan pengalaman berkesan di Gunung Gumitir Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember. Pasalnya, Rini menikmati langsung panen raya mulai memetik hingga menyeduh kopi di satu tempat dalam acara panen raya kopi kemarin.

Rini kemarin didampingi oleh Dirut PTPN XII Berlino Mahendra Santosa dan Dirut Bank BNI dan Bank BTN.  Begitu datang, mereka langsung diajak memetik kopi dari pohonnya, termasuk memilih kopi yang layak dipetik dan tidak. Selanjutnya diajak untuk melakukan penyortiran terhadap kopi milik petani tersebut.

Bahkan, Rini diajak untuk melihat proses penimbangan hingga penyeduhan kopi menjadi siap saji. Namun, Rini kemarin kaget saat mengetahui ternyata nilai biji kopi yang dipetik petani sangat rendah. "Dulu per kilo hanya Rp 1500, tapi sekarang dengan proses pembinaan yang benar maka harganya bisa Rp 5 ribu. Ini yang perlu terus mendapat perhatian," tegas Rini.

Dirinya mengatakan jika petani kopi juga masih perlu perhatian agar mereka sejahtera. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antar BUMN. "Untuk pembinaan kita minta dari PTPN XII yang memberikan edukasi kepada petani, tetapi untuk bantuan KUR Bank BNI 46 serta yang membeli produk petani dari BTN," jelasnya.

Selain itu, keterlibatan ini juga harus ditingkatkan secara nyata kepada petani di bawah. Pihaknya dalam waktu dekat juga meminta agar pihak BUMN bisa membantu petani dalam bentuk alat untuk mengolah kopi. "Sehingga petani bisa mengolah dalam bentuk green Bean. Karena harganya bisa berkali-kali lipat dibandingkan saat kopi mentah," ucap Rini. Sehingga dengan harapan petani kopi di Indonesia semakin sejahtera kedepannya.

Sumber : radar.jawapos.com (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter