Direktur PTPN XII : Strategi Kalahkan Starbucks

Direktur PTPN XII Berlino Mahendra Santosa

PTPN XII menyambut positif event BUMN Branding and Marketing Award.  Di mana selama berpuluh-puluh tahun PTPN XII hanya memproduksi komoditi based, dan ke depan akan lebih gencar melakukan pengembangan dan hilirisasi produk. Karenanya, konsep marketing komunikasi yang kuat adalah sebuah keharusan bagi perusahaan untuk memenangkan pasar.

“Pemahaman akan marketing komunikasi sangat penting agar kita bisa membedakan segmenting, targeting dan positioning sehingga produk kita bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen,” ungkap Direktur PTPN XII Berlino Mahendra Santosa yang menilai kunci aktivitas bisnis perusahaan adalah memberikan value pada komsumen.

Dalam merebut industry 4.0, Berlino sadar bahwa perusahaan harus bisa mengkomunikasikan bahwa teknologi digitalisasi menjadi faktor utama pendukung aktivitas bisnis. Di mana suplay atau distribusi rantai nilai bisa memberikan nilai tambah terhadap konsumen, sehingga konsumen bisa menilai value dari produk perusahaan secara langsung. “Industri 4.0 menurut saya adalah bagaimana kita bisa memberi value lebih kepada konsumen serta memperpendek birokrasi antara produsen dan konsumen dengan bantuan teknologi digital,” ungkapnya.

Di PTPN XII, perusahaan menyiasati dengan pola-pola yang lebih ‘kekinian’, salah satunya dengan melakukan sinergi BUMN untuk mengembangkan bisnisnya. Tahun ini, PTPN XII telah bersienrgi dengan Sarinah dalam memasarkan produk kopi lokal unggulan yang diproduksi anak usahanya, PT Rolas Nusantara Mandiri. Upaya massif ini diharapkan bisa menyaingi popularitas kedai kopi Starbucks dan kedai-kedai terkenal lainnya.

Selain kopi, tahun ini PTPN XII juga berencana memasok cokelat ke Selandia Baru. Berlino mengatakan, negara tersebut merupakan pasar baru yang digarap perusahaan lantaran selama ini penjualannya dilakukan melalui trader atau pihak ketiga. Saat ini volume cokelat yang dipasok ke Selandia Baru adalah 40 ton dalam sekali pengiriman.

Berlino mengatakan produk berbasis komoditas yang diproduksi PTPN XII seperti kopi, teh dan coklat memiliki kualitas terbaik berkelas dunia. Dengan memasarkan produk langsung ke Selandia Baru, diharapkan perusahaan dapat menggaet produsen produk olahan cokelat dunia dan belajar dari mereka.

Sebagai perusahaan yang diklaim cukup kompeten dan ahli di sektor komoditas serta pengalaman dari hulu ke hilir, Berlino yakin peningkatan citra akan dapat mendorong daya saing produk mereka.

“Kita punya kekuatan meski merek kita tidak sekuat yang muda. Tapi kita akan lebih kuat karena tidak hanya menjual produk tapi juga pengalamam. Kami yakin akan memenangi peperangan di consumer goods," ujarnya optimis.

 

Source:

https://bumntrack.com/berita/direktur-ptpn-xii-strategi-kalahkan-starbucks

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter