IIK PTPN XII Diberi Penyuluhan Deteksi Kanker Payudara

 

Puluhan ibu di Perkebunan Pancursari mengikuti pemeriksaan kanker serviks dan payudara. (Tika Hapsari/ JawaPos.com)

JawaPos.com- Anggota Ikatan Istri Karyawan (IIK) PTPN XII Cabang Pancursari diajari cara untuk mendeteksi dini kanker payudara, Jumat (16/11). Sebanyak 42 perempuan mendapat pengetahuan seputar kanker yang mematikan 9 juta jiwa tahun ini, berdasar data World Health Organization (WHO).

Ketua IIK PTPN XII Cabang Pancursari Debrina Satria Indra Dewi menjelaskan, cara deteksi dini kanker payudara bisa diawali dengan meraba dada sendiri. Mulai di sekitar daerah payudara. Kemudian bisa diteruskan ke ketiak. Jika ditemukan benjolan sampai ketiak, mereka bisa langsung memeriksakan diri ke dokter.

Meraba bisa dilakukan dalam posisi tidur atau dengan mengangkat tangan ke atas. "Tapi kalau menjelang mens atau saat datang bulan, tidak bisa. Sebab kelenjar dan hormon sedang aktif," jelas perempuan yang akrab disapa Rina itu kepada JawaPos.com.

Tidak hanya melakukan deteksi kanker payudara, 37 perempuan juga mengikuti pemeriksaan kanker serviks oleh petugas kesehatan dari Klinik Bunga Melati dan Puskesmas Sumbermanjing Wetan. 5 orang sisanya tidak diperiksa karena sedang menstruasi.

Saat pemeriksaan kanker serviks, para peserta diminta untuk masuk ke salah satu kamar yang disulap menjadi ruangan pemeriksaan.  Selanjutnya, pasien diminta untuk duduk di bed khusus yang biasa ditemui di ruangan bidan atau dokter kandungan. 

Kemudian, cairan vagina dari pasien diambil dengan alat khusus. Cairan itu nanti yang akan diperiksa untuk mengetahui pasien menderita kanker atau tidak. 

"Hasilnya dua minggu lagi. Tadi para tenaga kesehatan tidak memberikan penyuluhan secara langsung. Melainkan saat pemeriksaan pasien di kamar periksa. Jadi pribadi-pribadi begitu," imbuh alumnus Universitas Jember itu. 

"Selain itu juga agar tahu lebih dini, misal ada yang menderita kanker. Dengan tahu lebih dini kan lebih cepat pengobatan," tegas Rina. 

Sejauh ini, tidak ditemukan adanya anggota yang menderita kanker payudara. "Alhamdulillah semua sehat," ucapnya.

 

Source:

https://www.jawapos.com/jpg-today/16/11/2018/iik-ptpn-xii-diberi-penyuluhan-deteksi-kanker-payudara

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter