PTPN XII Alokasikan Rp. 4M untuk PKBL

SURABAYA: PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) tahun ini mengalokasikan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) senilai Rp4 miliar, yang merupakan penyisihan 4% dari laba BUMN bidang tanaman keras itu pada 2010 yakni Rp100 miliar lebih.

 

Direktur SDM dan Umum PTPN XII Soewarno menyebutkan pengalokasian dana PKBL BUMN itu tahun ini lebih tinggi dibandingkan alokasi pada 2010 hanya Rp2,6 miliar. Dana tersebut dikucurkan sebagai pinjaman lunak kepada pelaku UMK serta pembangunan sarana dan prasarana di sekitar kebun.

Tahun ini kami meningkatkan alokasi dana PKBL menjadi Rp4 miliar, yang disisihkan dari laba perseroan pada 2010 dan pengembalian/pembayaran angsuran dari UMK mitra binaan, ujarnya di sela-sela pertandingan futsal se-PTPN XII dalam rangka peringatan HUT PTPN XII ke-15, Kamis (9/6).

Menurut Suwarno, dana PKBL tahun ini disisihkan dari laba pada 2010 yang mencapai Rp100 miliar lebih.

Laba sebesar itu diperoleh melalui penjualan komoditas karet, kopi, kakao, teh dan kayu-kayuan.

Revenue PTPN XII tahun lalu disebutkan Rp1 triliun, diantaranya 60% dikontribusikan dari ekspor karet sheet dan kayu-kayuan (sengon dan mahoni) 20%.

BUMN berkantor pusat di Surabaya itu mengelola 34 unit kebun seluas 48.000 ha, dimana areal karet mencapai 10.000 ha, kayu-kayuan 15.000 ha dan sisanya kopi, kakao, teh, tebu.

Kepala Bagian PKBL PTPN XII Supeno Aji menyebutkan selama triwulan I tahun ini telah dikucurkan dana program kemitraan Rp240 juta dan bina lingkungan Rp800 juta.(api)

hil/humas-n12

 

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter