PKBL PTPN XII: Rp3,3 miliar mengucur ke petani kopi & UKM

Compact_kopi

SURABAYA: PT Perkebunan Nusantara XII mengucurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) senilai Rp3,3 miliar kepada 1.690 orang petani kopi dan

pelaku industri kecil di Jawa Timur, yang merupakan bagian dari dana pinjaman lunak Rp5,5 miliar yang dialokasikan BUMN itu tahun ini.

Direktur SDM dan Umum PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Bambang Widjanarko mengatakan BUMN bidang tanaman keras (kopi, karet, kakao, teh dan kayu-kayuan) itu setiap tahun selalu mengucurkan dana PKBL, yang merupakan penyisihan 2% dari laba tahun sebelumnya.

“Kami [melalui pengucuran dana PKBL] sekaligus mendidik mitra binaan agar lekas bisa mandiri, maka masing-masing mitra hanya diberikan pinjaman dana lunak sebanyak dua kali, kemudian pengembalian dana digulirkan ke pengusaha kecil lainnya,” ujarnya, hari ini (Selasa, 23 Oktober).

Hal itu diungkapkan saat penandatanganan dan penyerahan pinjaman modal usaha dan hibah bina lingkungan senilai Rp3,3 miliar. Dana sebesar itu ditujukan 1.690 petani kopi dan para pelaku usaha kecil yang berlokasi di perdesaan di sekitar kebun milik PTPN XII.

Bambang menambahkan dana PKBL itu merupakan penyaluran tahap II pada tahun ini, setelah beberapa bulan lalu PTPN XII mengucurkan dana serupa senilai Rp.1 miliar lebih.

Dana PKBL tahun ini disisihkan dari laba BUMN tersebut pada 2011 yang terealisasi Rp134 miliar, ditambah dengan dana pengembalian dari para mitra binaan lainnya.

“Kami juga mengalokasikan dana hibah miliaran rupiah untuk perbaikan infrastruktur di perdesaan, guna mengembangkan ekonomi di wilayah tersebut,” tutur Bambang.

Kepala Bagian PKBL PTPN XII Supeno Aji menyebutkan total dana PKBL yang dialokasikan BUMN tersebut tahun ini senilai Rp5,5 miliar, diantaranya berasal dari dana pengembalian para mitra binaan. Jangka pengembalian dana PKBL selama 3 tahun dengan bunga 6%/tahun.

“Masih ada sisa dana PKBL dari alokasi tahun ini yang akan kami kucurkan bulan depan, sasarannya adalah para peternak sapi potong yang berlokasi di sekitar kebun,” tuturnya. (k22/Bsi)

sumber: http://www.bisnis.com……………. hil-n12

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter