Penyaluran Tanggung Jawab Sosial dan Bina Lingkungan

Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dalam PTPN XII disebut dengan Program Kemitraan Bina Lingkungan atau PKBL. Pelaksanaan program ini dilaksanakan oleh Bagian PKBL. Dalam hal ini, PKBL merupakan kepanjangan tangan Direksi dalam mengkoordinir pelaksanaan PKBL. Sepanjang tahun 2015, PTPN XII mengucurkan dana PKBL senilai Rp. 8,01 Miliar.

Sasarannya adalah para petani yang berada di lingkungan kebun milik PTPN XII, terutama para peternak sapi dan petani kopi. Penyaluran dana kemitraan dengan bunga lunak dimaksudkan mengembangkan usaha kecil dan Koperasi menjadi usaha skala menengah yang mandiri sebagai upaya memperkuat ekonomi kerakyatan.

Penyaluran Modal Usaha (Rp.Juta)

 

Sedangkan penyaluran dana hibah lingkungan yang berupa dana hibah ditujukan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan membantu peningkatan sektor pendidikan, kesehatan, sarana prasarana umum, sarana ibadah, dan pelestarian alam, serta tidak memberikan bantuan untuk kegiatan politik.

Berikut adalah tabel penyaluran dana bina lingkungan tahun 2015 dengan dasar Permen BUMN No. PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan :

 

Penyaluran dana PKBL dilakukan secara bertahap, dimana tahap akhir untuk tahun 2014 direalisasikan pada tanggal 23 Desember 2014 di Surabaya dengan dana kemitraan yangg dikucurkan selama tahun 2014 senilai Rp9,1Miliar dan bina lingkungan senilai Rp 0,8 Miliar.

 
Penyaluran Pinjaman Modal Usaha Kepada Mitra Binaan (Rp.000)

Berikut adalah tabel penyaluran dana kemitraan sampai dengan tahun 2015 :

 

Skor Penilaian Kinerja PKBL berdasar Per Men No. 100 / 2002

 

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter