Pengenalan dan Pelatihan SIMAKO (Sistem Manajemen Resiko)

 933 total views,  4 views today

Hari ini (20/8) di Kantor Direksi PTPN XII dilaksanakan pelatihan SIMAKO (Sistem Manajemen Risiko). Manajemen risiko adalah aktivitas terkoordinasi yang dilakukan untuk mengarahkan dan mengelola organisasi dalam rangka menangani risiko. Risiko-risiko yang ada merupakan tanggung jawab dari pemilik risiko dan termasuk juga proses pengendaliannya.

Sesuai arahan Holding Perkebunan Nusantara, dalam mempermudah koordinasi dan pengendalian risiko di masing-masing Kebun/Bagian, diperlukan sistem terintegrasi pengendalian risiko, maka dari itu PTPN XII membuat sistem berbasis TI yang diberi nama SIMAKO. Sistem Manajemen Risiko ini langsung terintegrasi dengan SIMAKO milik Holding Perkebunan Nusantara.

Semua bagian dan kebun di PTPN XII diwakili oleh masing-masing PIC mengikuti pelatihan SIMAKO di Aula PTPN XII. Selanjutnya PIC Kebun (yang diwakili Kormanbun) akan memberikan pelatihan serupa kepada PIC Manajemen Resiko di semua kebun sesuai wilayah koordinasi masing2 Kormanbun.

Diharapkan dengan adanya SIMAKO ini, merupakan langkah mitigasi PTPN XII dalam meminimalisir terjadinya risiko-risiko kerja di lingkungan PTPN XII.