Bukan Stasiun Gambir, Ini Gunung Gambir

 17,480 total views,  3 views today

Jember – Nama Gambir identik dengan stasiun di Jakarta Pusat. Tak hanya itu, di Jember ada perkebunan teh bernama Gunung Gambir. Umumnya Jember identik dengan wisata pantai, tapi nyatanya ada opsi wisata menarik lain yang bisa traveler kunjungi. Salah satunya adalah kebun Gunung Gambir yang berada di lereng Gunung Argopuro.

Dikunjungi detikcom beberapa waktu lalu, objek wisata yang satu ini memang masih kurang populer. Akses yang cukup sulit diketahui menjadi alasan, mengapa banyak orang malas pergi ke sana. Jaraknya 60 KM dari pusat Kota Jember. Untuk informasi Kebun Gunung Gambir merupakan BUMN yang berada di bawah PT Perkebunan Nusantara XII. Konon perkebunan teh ini sudah ada dari zaman Belanda tahun 1918, sebelum dinasionalisasi oleh Pemerintah.

(Yakub Mulyono/detikcom)

Menariknya, traveler bisa menyaksikan langsung proses pemetikan, pengolahan teh hingga siap minum. Tak cuma itu, traveler juga bisa menemukan aneka fasilitas pendukung seperti lapangan tenis, kolam renang dan lainnya.

Bagi kamu yang suka swafoto, Kebun Gunung Gambir juga menyediakan aneka spot foto kekinian dengan aneka bentuk. Instagramable banget deh!

Tiket masuk ke Kebun Gunung Gambir ini pun cukup terjangkau. Biayanya adalah Rp 3 ribu per orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 5 ribu. Berwisata ke Kebun Gunung Gambir tentu tak selelah mendaki gunung sungguhan. Jadi, Gambir bukan hanya nama stasiun kereta api loh ya!

Source: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4702791/bukan-stasiun-gambir-ini-gunung-gambir