Apa sih Virus Corona itu?

 4,133 total views,  2 views today

Dunia akhir-akhir ini degegerkan dengan virus corona. Sebenarnya apa sih virus corona itu?

Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Biasanya virus ini terdapat pada hewan namun akhir-akhir ini juga ditemukan pada manusia. Virus ini pertama kali terdeteksi pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China. Novel Coronavirus merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Penyakit ini disebut juga Pneumonia Coronavirus Wuhan.

Beberapa gejala klinis yang disebabkan oleh virus ini yakni, demam, batuk-pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu bahkan kematian. Virus ini tak hanya ditularkan dari hewan ke manusia melainkan dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan penderita atau disebut sebagai virus tipe zoonosis.

Mengingat berbagai informasi tentang virus korona jenis baru tersebut, yang dapat dilakukan adalah melakukan langkah antisipasi. Terdapat beberapa langkah antisipasi dari WHO yang dapat dilakukan secara pribadi untuk mencegah penularan virus tersebut.

Pertama, lakukan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau cairan yang mengandung 70-80 % alkohol. Hal itu dapat membunuh virus yang ada di tangan.

Kedua, gunakan masker apabila menderita penyakit pernafasan seperti batuk dan pilek / gunakan tissue atau siku tangan apabila bersin karena dapat menjadi sarana penularan virus.

Ketiga, masak makanan seperti daging dan telur hingga matang sempurna.

Keempat, hindari kontak langsung dengan siapapun yang menunjukkan tanda-tanda sakit pernafasan serta usahakan untuk menjaga jarak dengan pasien yang terduga terinfeksi untuk menghindari penularan penyakit.

Kelima, segera mengunjungi rumah sakit terdekat apabila mengalami gejala seperti demam, batuk, atau kesulitan bernapas.

Usahakan agar selalu up-to-date mencari informasi tentang perkembangan virus korona ini dari lembaga resmi seperti Kementerian Kesehatan maupun WHO.

Peletakan hand sanitizer pada tiap ruangan

Saat ini, Sesuai dengan Surat Edaran Direksi PTPN XII nomor 12/SE/063/III/2020 PT Perkebunan Nusantara XII sudah melakukan langkah pencegahan infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV), salah satunya yaitu dengan mengadakan sosialisasi ke seluruh karyawan tentang cara mencuci tangan dengan benar yang dipandu oleh Bagian Hiperkes serta tak lupa setiap ruangan juga telah dipasang cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

Sosialisasi cuci tangan yang benar oleh Bagian Hiperkes PTPN XII