PTPN XII Raih Skor “Sangat Baik” Assessment GCG Kinerja Tahun 2019

 30,451 total views,  2 views today

Direktur dan SEVP Bussiness Support saat sesi foto bersama Asesor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada Exit Meeting GCG PTPN XII Kinerja Tahun 2019

Sebagai salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara, penerapan GCG merupakan salah satu amanat yang ditetapkan Pemerintah melalui Kementrian BUMN. Pada assesment GCG kinerja tahun 2019, Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengambil kebijakan bahwa pelaksanaan assessment dilakukan serentak di seluruh PTPN dengan menggandeng lembaga independen Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Assessment GCG kinerja tahun 2019 PTPN XII dimulai dengan  entry meeting pada tanggal 2 Maret 2020 beberapa waktu lalu. Pelaksanaan assessment GCG PTPN XII dilakukan oleh Tim BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur selama +/- 3 (tiga) bulan. Selanjutnya pada tanggal 25 Juni 2020 telah dilaksanakan exit meeting yang bertempat di Ruang Kopi – Kantor Direksi PTPN XII. Dalam pelaksanaan exit meeting juga dihadiri oleh Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Organ Dewan Komisaris, Direktur PTPN XII, SEVP PTPN XII, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Tim Asesor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Tim Counterpart GCG PTPN XII, dan beberapa pejabat puncak PTPN XII.

Assessment GCG merupakan salah satu penilaian tata kelola perusahaan yang baik untuk mengukur kinerja suatu perusahaan dan menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan untuk jangka panjang. Dari hasil assessment yang disampaikan oleh Tim Asesor BPKP bahwa PTPN XII memperoleh skor 88,752 dengan predikat “Sangat Baik” atas kinerja tahun 2019. Perolehan skor ini meningkat 4,565 dibandingkan kinerja tahun 2018 dengan skor 84,187. Hal ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen PTPN XII dalam penerapan praktek tata kelola perusahaan yang baik dengan prinsip-prinsip GCG sehingga mampu memberikan peningkatan kinerja perusahaan yang lebih baik lagi.

Direktur PTPN XII, Siwi Peni dalam sambutannya mengatakan bahwa penerapan dan assessment GCG digunakan untuk menilai perusahaan dalam menjalankan bisnis yang baik. PTPN XII bertekad dan berkomitmen akan terus meningkatkan skor dengan cara berbenah untuk perbaikan serta menindaklanjuti area of improvement (AOI) pada tahun selanjutnya. Peningkatan skor GCG juga merupakan indikator cara bekerja berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik di setiap level perusahaan sesuai ketentuan/peraturan perundang-undangan yang berlaku.