PTPN XII Sabet Penghargaan di BUMN Branding & Marketing Award 2020

 20,594 total views,  920 views today

PT Perkebunan Nusantara XII diwakili SEVP Business Support menerima Penghargaan “Export Marketing Development Anak Perusahaan BUMN” Di Ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020 Ke – 8

Surabaya (6/11) – PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII), berhasil menyabet salah satu kategori penghargaan di ajang BUMN Branding and Marketing Awards 2020 Ke-8, yakni kategori Export Marketing Development Anak Perusahaan BUMN. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh SEVP Business Support PTPN XII, Wien Irwanto pada acara penganugerahan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel The Ritz – Carlton Mega Kuningan Jakarta pada Kamis lalu (5/11).

BUMN Branding and Marketing Award yang memasuki tahun ke-8 ini merupakan penganugerahan yang diselenggarakan oleh BUMN Track bersama ARRBEY Consulting untuk mengapresiasi perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, serta menunjukkan kinerja optimal dalam bersaing di pasar global melalui inovasi branding dan marketing.

Wien Irwanto, SEVP Business Support PTPN XII menyampaikan bahwa hal ini membawa kebanggaan tersendiri bagi PT Perkebunan Nusantara XII. Sebab, apresiasi tersebut menjadi cermin dari inovasi bisnis yang telah diusahakan perusahaan untuk selalu konsisten dalam memenuhi kebutuhan stakeholder di tengah pandemi Covid-19 di seluruh penjuru dunia.

“Dalam kondisi terpuruk akibat musibah pandemi Covid-19, tak hanya sendi kesehatan saja yang mengalami perubahan. Tetapi fluktuatif bisnispun demikian. Sehingga, hal tersebut menjadi tantangan semua perusahaan, tidak terkecuali perusahaan BUMN seperti PTPN XII, untuk menggunakan kemampuan maksimalnya demi tercapainya target penjualan produk perusahaan dan terpenuhinya kebutuhan konsumen.” Ujar Wien yang ditemui setelah menerima penghargaan.

Wien menambahkan, PT Perkebunan Nusantara XII sebagai perusahaan yang bergerak di bidang agro bisnis dan agro industri akan senantiasa berkarya, memberikan kebaharuan dalam rangka menjawab tantangan di masa pandemi, sekaligus berkontribusi dalam skala internasional sesuai kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki.

“Kami berharap, melalui BUMN Branding and Marketing Award 2020 ke-8 ini, PTPN XII mampu memberikan pelayanan yang semakin prima sekaligus mampu menjadikan penghargaan ini sebagai evaluasi untuk kemajuan perusahaan.” Pungkasnya.

Sebelumnya, di tahun 2018 PTPN XII pun pernah menerima dua penghargaan sekaligus di ajang yang sama, yakni The Best Chief Executive Officer Anak Perusahaan BUMN Ritel Branding Development atas nama Berlino Mahendra Santosa (Direktur Utama PTPN XII) dan Corporate Branding Anak Perusahaan Sector Agro, Manufacturing & Mining.

Pada proses penjurian kali ini, BUMN Track menggunakan metode AUIEO Principles yang dikembangkan ARRBEY Consulting dengan lima kriteria utama, yaitu AnywhereIntegratedUser FriendlyExceed Customer Expectations, dan Omni Channel Performance dengan mengoptimalkan pendayagunaan online dan offline channel guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Kategori pemenang dibagi dalam tiga sektor, yakni BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan BUMN Tbk. Proses penjurian BUMN Branding and Marketing BUMN 2020 berlangsung dua tahap, yakni pertama, pengisian kuesioner pada 8 September – 6 Oktober 2020. Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi tahap 1 melanjutkan sesi presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri pada 13-21 Oktober 2020. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, proses pengisian kuesioner dan penjurian dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Terhitung sebanyak 114 perusahaan telah ikut berkompetisi dalam ajang ini. Sementara pada tahap seleksi kedua, hanya 59 perusahaan saja yang lolos wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri.

Mengangkat tema “Optimizing Omni Channel on Branding and Marketing”, Dr. Sugiharto, Ketua Dewan Juri sekaligus Menteri BUMN 2004-2007 menambahkan “Optimizing Omnichannel” yang dipilih tahun ini sangatlah relevan dengan perkembangan yang sedang terjadi. Omnichannel memiliki hubungan yang linier atau relevan antara pencapaian branding dan marketing masing-masing BUMN terhadap revenue, tingkat kesehatan perusahaan serta terhadap keuntungan perusahaan,” jelas Dr Sugiharto.

Selanjutnya, SH Sutarto, CEO BUMN Track menambahkan, adanya BUMN Branding and Marketing Awards ini diharapkan mampu memantik semangat perseroan agar termotivasi untuk dapat mengahdirkan strategi perusahaan yang lebih kompatibel dan baru, khususnya di bidang branding dan marketing.

Didukung oleh tim dewan juri yang kompeten dari berbagai profesi, mewakili akademisi, profesional dan pakar branding marketing, hasil BUMN Branding dan Marketing Award 2020 diharapkan bisa menjadi referensi bagi pengelolaan BUMN yang kian lincah, inovatif dan kompetitif. (VV/AAB)