Humas Juga Dituntut Cakap Menulis Naskah Berita

 3,704 total views,  2 views today

Jatim Newsroom – Seorang Humas tidak hanya dituntut cakap dalam berkomunikasi, namun juga harus memiliki kemampuan dalam menulis naskah dan membuat rilis berita, yang bisa menjadi salah satu strategi dalam melaksanakan tugas kehumasan. 

“Jadi Humas harus bisa menulis selayaknya seorang jurnalis,” kata Kepala Humas Universitas Negeri Surabaya, Vinda Maya, saat memberikan pemaparan dalam Forum Group Discussion (FGD) Humas di Jawa Timur yang dilakukan secara daring, Kamis (25/02/2021). Acara tersebut juga diikuti praktisi humas, mahasiswa hingga jurnalis. 

Selain itu, ia mengatakan bahwa seorang Humas juga harus cakap dalam membaca isu dan situasi terkini perusahaan tempat dia bekerja. Langkah itu penting untuk menentukan strategi kala menghadapi beragam isu negatif yang menerpa. 

Sementara itu, keynote speaker, Imelda Alini Pohan, juga menegaskan arti pentingnya reputasi bagi korporasi. 

“Reputasi itu penting, kita butuh banyak waktu untuk membangun reputasi tetapi amat mudah merusak reputasi itu, jadi butuh kehati-hatian dan perhatian khusus ” ternag Imelda yang juga merupakan Vice President Corporate Secretary Holding Perkebunan. 

Selanjutnya Imelda menjelaskan, setidaknya aktivitas  Kehumasan meliputi tujuh kegiatan yakni rencana publikasi, identifikasi isu dan membuat pers rilis, media relation dan branding, pengelolaan data dan dokumentasi, produksi infografis dan video, creative writing medsos, dan terakhir evaluasi serta riset. 

“Riset juga sangat penting untuk mengetahui apakah rencana yang disusun sesuai dengan target yang diinginkan,” pungkasnya. 

FGD Humas PTPN di Jawa Timur merupakan inisiasi bersama humas PTPN X, XI dan XII yang digelar setiap bulan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi personil humas.

 “FGD ini kami gelar awalnya untuk membekali pemahaman dan kompetensi personil humas tiga PTPN di Jawa Timur, kemudian kami coba kembangkan untuk peserta umum.

Kali ini sebagai narasumber praktisi humas perempuan, dengan latar belakang praktisi dan akademisi melengkapi khasanah kehumasan peserta. Sebelumnya kami juga menghadirkan rekan jurnalis, staf dinas komunikasi dan informatika hingga akademisi.

Ini kali kelima FGD diselenggarakan secara virtual, mengingat kondisi pandemi covid19 “, ungkap Humas PTPN XI Brilliant Johan Anugrah selaku person in charge kegiatan tersebut.(ryo/s)

Sumber: http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/humas-juga-dituntut-cakap-menulis-naskah-berita