Dibayang-Bayangi Risiko Kerja, PTPN XII Kertowono Komitmen Daftarkan Pekerja ke BPJAMSOSTEK

 154 total views,  5 views today

Dibayang-Bayangi Risiko Kerja, PTPN XII Kertowono Komitmen Daftarkan Pekerja ke BPJAMSOSTEK
Sejumlah pekerja PTPN XII Kebun Kertowono, Lumajang mengikuti sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan. (Foto: Humas BPJAMSOSTEK Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – BPJAMSOSTEK Cabang Lumajang bersama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII untuk kesekiankalinya mensosialisasikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja di PTPN XII.

Sosialisasi tersebut terus berulang lantaran dinilai penting untuk dipahami oleh seluruh pekerja karena mereka berada di bawah bayang-bayang risiko kecelakaan kerja maupun risiko sosial.

Manager PTPN XII Kertowono Yongki Artha Wijaya dalam keterangan pers yang diterima TIMES Indonesia, Selasa (6/4/2021) menjelaskan bahwa risiko sosial sendiri adalah kejadian atau peristiwa yang dapat menimbulkan potensi terjadinya kerentanan sosial yang ditanggung oleh individu, keluarga, dan kelompok yang dalam hal ini fokus di risiko kecelakaan kerja, hilangnya pendapatan, risiko kematian, sampai dengan risiko hari tua.

“Perusahaan berkomitmen untuk melindungi seluruh pekerjanya dari risiko sosial dengan mendaftarkan pekerjanya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan dengan hal ini, pekerja menjadi merasa lebih aman dalam bekerja sehingga pekerja dapat meningkatkan produktivitas kerjanya,” terang Yongki.

Terkait hal tersebut, Yongki menerangkan, pihaknya secara bertahap akan meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari Pekerja yang berada di wilayah kerja PTPN XII Kebun Kertowono. 

Terbaru, PTPN XII Kebun Kertowono telah mendaftarkan pekerja tambahannya sebanyak 47 orang ke dalam Program BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan penambahan tersebut, total terdapat 266 pekerja informal yang terdaftar aktif sebagai peserta,” ucapnya.

Berdasarkan data tersebut, lanjutnya, secara keseluruhan dari pekerja formal dan pekerja informal yang berada di PTPN XII Kebun Kertowono tingkat kepesertaannya telah mencapai sekitar 60% dari jumlah pekerja.

“Kami akan mendaftarkan seluruh pekerja dalam waktu dekat,” tambah Yongki.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Lumajang Sasongko Adji, mengapresiasi PTPN XII Kebun Kertowono karena dinilai berkomitmen dalam melindungi seluruh pekerjanya.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan PTPN XII Kebun Kertowono. Saya harap ini dapat diikuti oleh perusahaan lain di Kabupaten Lumajang dan menjadikan BPJAMSOSTEK sebagai mitra untuk meningkatkan produktivitas kerja,” harapnya. (*)

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/339405/dibayangbayangi-risiko-kerja-ptpn-xii-kertowono-komitmen-daftarkan-pekerja-ke-bpjamsostek