Sambut Musim Panen & Giling Kopi, Kebun Kopi Bangelan Gelar Ritual Manten Kopi

 2,230 total views,  2 views today

Ritual Manten Kopi Kebun Bangelan, Sambut Panen dan Buka Giling Kopi Tahun 2021

Malang (05/06) – Tradisi ritual Manten Kopi merupakan ritual yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kebun Bangelan, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Manten Kopi digelar menjelang musim panen dan giling Kopi Robusta yang merupakan komoditi utama Kebun Bangelan.

Manten Kopi atau “Pengantin Kopi” merupakan sebuah simbol dari buah Kopi yang dilambangkan sebagai sepasang lelaki dan perempuan yang diboyong dari areal kebun dalam acara petik perdana dan buka giling pabrik Kopi.

“Selain untuk melestarikan kearifan budaya lokal, Manten Kopi melambangkan besarnya harapan dari perusahaan agar seluruh buah Kopi di Kebun bisa terpetik dan masuk pabrik untuk diolah menjadi mutu yang baik” ujar Manajer Kebun Bangelan, Ardi Iriantono.

Ardi juga menambahkan bahwa acara ini sudah dilakukan sejak Kebun Bangelan berdiri.

Acara dihadiri oleh beberapa peserta, diantaranya Jajaran Forkopimka Kecamatan Kromengan dan Kecamatan Wonosari, Jajaran Kepala Desa dan Kepala Dusun sekitar Kebun Bangelan, serta jajaran Tokoh Masyarakat dan Agama sekitar Kebun Bangelan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,

“Dari acara ini kami harapkan dapat melancarkan semua proses petik dan pengolahan Kopi tahun ini berjalan lancar dan sukses serta mendapat kuantitas dan kualitas yang terbaik” pungkas Ardi Iriantono.

Apalagi pada  tahun 2021 ini, Kebun Bangelan menargetkan produksi Kopi sebanyak 360.000 Kilogram.