Glen’s Choco, Cokelat Lokal dari Kakao Ekspor

 2,429 total views,  1 views today

Glen's Choco produksi asli Banyuwangi dari biji kakao yang telah mendunia. Foto: ptpn12.com
Glen’s Choco produksi asli Banyuwangi dari biji kakao yang telah mendunia. Foto: ptpn12.com

Hampir semua orang menyukai cokelat. Mengkonsumsi cokelat memiliki manfaat baik untuk tubuh. Memakannya bisa memperbaiki mood, menjaga kesehatan jantung, dan mengendalikan nafsu makan.  Sebagai negara tropis yang terhampar ribuan perkebunan kakao, Indonesia juga memiliki produk cokelat yang tak kalah nikmat dibanding luar negeri. Salah satunya di daerah Glenmore Banyuwangi. 

Penasaran PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) mengembangkan perkebunan cokelat di kawasan Kendeng Lembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore menjadi wisata edukasi yang diberi nama Doesoen Kakao. 

Salah satu produk unggulan di desa tersebut yakni, Glen’s Choco. Ada banyak varian rasa yang ditawarkan, mulai dari milk cokelat, hingga premium cokelat. 

Istimewanya cokelat dari Glenmore ini, dibikin dari salah satu biji kakao terbaik di dunia. Dengan kualitas ekspor. Banyak negara mengambil bahan baku kakao dari daerah tersebut.  Biji kakao yang digunakan jenis edel.

Tidak seperti biji kakao pada umumnya yang keunguan, jenis ini berwarna putih. Rasanya cenderung asam buah-buahan. Mirip dengan kismis. Kadar lemaknya rendah dan tidak mudah leleh. Karenanya tak heran bila banyak negara yang mengambil kakao untuk bahan baku cokelat dari daerah tersebut.

Selain memproduksi cokelat dengan merek Glen’s Choco, di Doesoen Kakao juga tersedia kafe. Menunya minumannya masih seputar cokelat, ada 3 in 1 Milk Choco, 3 in 1 Dark Choco, dan 3 in 1 Choco Jahe. Doesoen Kakao memiliki jarak 64 kilometer dari pusat kota. Cukup jauh juga. Tapi lokasinya yang berada di perbukitan menyuguhkan pemandangan yang indah.

Sumber: https://jatim.genpi.co/local-pride/3078/glens-choco-cokelat-lokal-dari-kakao-ekspor?page=2