Sinergi pengelolaan kebun dengan PTPN XII, PTPN XI lepas tebu kebun Jolondoro

 8,139 total views,  1 views today

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Sebagai bagian dari sinergi dan strategi korporasi, PTPN XI akan melakukan aksi korporasi untuk tukar bahan baku tebu dari lahan tebu PTPN XI di kebun Jolondoro dengan tebu lahan milik PTPN XII yang ada di Jember.

Kebun seluas 747 hektar tersebut dikenal memiliki produktivitas tinggi yakni mencapai rerata 100 ton per hektar dan memiliki pola tebang teratur sesuai kemasakan varietasnya.

Direktur PTPN XI, R. Tulus Panduwidjaja disela-sela kunjungan kerjanya di kebun Jolondoro Banyuwangi mengungkapkan, sinergi tukar tebu, diharapkan mampu lebih mengoptimalkan potensi yang ada. Tebu dari Jolondoro selanjutnya akan digiling ke pabrik gula milik PTPN XII, sebaliknya tebu yang ada di lahan PTPN XII di Jember akan digiling ke PG Semboro.

“Kami sudah maping lokasi dan kondisi tebu di lahan tersebut serta mitigasi potensi resiko mengingat kualitas dan kondisi lahan eks tanaman tahunan tersebut untuk diambil langkah taktis. Hal ini untuk antisipasi potensi resiko yang ada sehingga tidak berpengaruh terhadap performa Pabrik,” ungkap

Selanjutnya Pabrik Gula Semboro terus berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk penambahan areal untuk tebu, diantaranya dengan pemerintah kabupaten Jember dan perusahaan perkebunan daerah di Jember.

“Untuk menambah areal kebun tebu, kami sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak baik pemerintah kabupaten Jember maupun perusahaan perkebunan di Jember. Penambahan areal merupakan kunci pemenuhan kapasitas giling pabrik gula. Selain kuantitas bbt, pada hakekatnya dikebunlah gula itu diproduksi sehingga kondisi lahan dan pengelolaan penting dan mendapat perhatian utama kami,” tambah Tulus.

Sementara itu, General Manager PG Semboro Fajar Lazuardi Menegaskan, bahwa keberadaan kebun tebu sebagai suplai bahan baku menjadi faktor utama bagi industri gula dalam menjalankan aktivitas memproduksi gula, tidak terkecuali Pabrik Gula Semboro milik PTPN XI.

Selain menggiling tebu milik petani, PG yang berlokasi di Kabupaten Jember ini memiliki HGU hamparan kebun tebu baik di Jember hingga Jolondoro di Banyuwangi serta kerjasama pengelolaan kebun dengan berbagai pihak.

“Untuk penyedia bahan baku giling kami selain tebu milik petani, ada beberapa hamparan kebun tebu HGU yang terletak di Jember dan Banyuwangi yakni kebun Jolondoro,” ungkapnya.

Dan selama ini, tebu dari kebun Jolondoro digiling di PGN Semboro. “Banyak orang sepintas berpikir rugi karena jarak ke Jember, tetapi sebaliknya, pengelolaan kebun yang baik menghasilkan tebu yang memiliki potensi tinggi dan didukung performa PG Semboro sehingga potensi gula keluar optimal,” pungkasnya.kbc6

Sumber: https://www.kabarbisnis.com/read/28107443/sinergi-pengelolaan-kebun-dengan-ptpn-xii-ptpn-xi-lepas-tebu-kebun-jolondoro-