PTPN XII kembali Operasikan Obyek Wisata Agro di Jatim dengan Prokes Ketat

 1,044 total views,  1 views today

PTPN XII kembali Operasikan Obyek Wisata Agro di Jatim dengan Prokes Ketat
Beberapa tempat wisata agro yang dikelola PTPN XII sudah kembali operasional dan menerima pengunjung dengan menerapkan prokes yang ketat. 

SURYA.co.id | SURABAYA –  Setelah sempat menutup sejumlah obyek wisata agro akibat pandemi Covid-19, PT Perkebunan Nusantara XII kini segera membuka kembali obyek wisata yang dikelola BUMN tersebut di beberapa kabupaten di JawaTimur.

Sedikitnya terdapat 15 lokasi wisata agro yang dikelola PTPN XII. Diantaranya enam obyek elah menjadi ikon dan diprioritaskan pengembangannya.

Yaitu Obyek Wisata Agro Wonosari (Kabupaten Malang), Doesoen Kakao (Kabupaten Banyuwangi), Kafe & Rest Area Gunung Gumitir (Kabupaten Jember), Kalisat Jampit & Blawan (Kabupaten Bondowoso), Kebun Teh Rengganis (Kabupaten Jember), serta Pantai Kampe (Kabupaten Situbondo).

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII Winarto, optimistis obyek-obyek wisata agro bakal dipadati pengunjung seiring tren wisatawan yang sangat meminati keindahan alam (back to nature).

“Sementara obyek-obyek wisata yang dikelola PTPN XII rata-rata berupa kebun berhawa sejuk dengan panorama indah,” kata Winarto, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya, saat ini seluruh obyek wisata agro PTPN XII siap dibuka kembali bagi masyarakat umum. Menyusul telah meredanya serangan virus korona yang ditandai membaiknya kondisi wilayah (level 1) di daerah-daerah di Jatim.

“Tentunya pengoperasian kembali obyek wisata agro yang kami kelola tetap mengacu terhadap anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan, maka kami memperbanyak fasilitas cuci tangan di beberapa titik.

“Sarana prasarana pun dibenahi dan dibersihkan,” beber Winarto.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait pembukaan obyek wisata agro yang aman.

Yakni kapasitas pengunjung dibatasi, pengecekan suhu tubuh pengunjung, dan ke depan akan disosialisasikan aplikasi Peduli Lindungi.

“Intinya, persyaratan yang diberlakukan terhadap pengunjung tidak rumit, agar mereka merasa nyaman dan aman dalam berwisata,”  tambah Winarto.

Keseluruhan obyek wisata agro yang dikelola PTPN XII berada di lingkungan kebun, yang dikembangkan sebagai bentuk optimalisasi aset tanpa mengganggu kegiatan budidaya tanaman yang diusahakan kebun setempat terdiri dari kopi, karet, teh, kakao.

Pengunjung bisa berkeliling kebun dan membawa oleh-oleh berupa produk olahan dari masing-masing kebun.

Winarto menjelaskan, setiap obyek wisata agro di lingkungan PTPN XII telah dilengkapi cottage dan home stay, kendaraan bermotor maupun sepeda untuk keliling kebun, menu masakan khas daerah dengan melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM), camping ground, kolam air panas, spot selfie/swafoto, dan wahana lainnya lagi.

“Selama ini pengunjung obyek wisata agro sangat bervariasi mulai anak-anak muda, pelajar, keluarga, komunitas, lembaga/instansi, karena obyek-obyek yang berada di lingkungan kebun telah dikenal mengingat pengoperasiannya sudah cukup lama.

Selain berwisata, keperluan mereka juga mengadakan pelatihan, meeting, out bond, camping,” ungkap Winarto.

PTPN XII sejauh ini menjalin kerja sama dengan biro perjalanan guna memperluas dan meningkatkan jumlah pengunjung, juga berpromosi melalui website dan media sosial serta media massa.

Source: https://surabaya.tribunnews.com/2021/10/22/ptpn-xii-kembali-operasikan-obyek-wisata-agro-di-jatim-dengan-prokes-ketat?page=all