Rest Area Gunung Gumitir Kota Jember yang Mengesankan

 1,575 total views,  1 views today

Kursi raksasa, ikon Cafe dan Resto Gumitir

BERITASOLORAYA.com-Menempuh perjalanan dari Kota Jember menuju Kota Banyuwangi tentu sudah tidak asing dengan Gunung Gumitir yang menjadi perbatasan dua kota ini. jalan yang berkelok-kelok, menanjak, dan menurun terkadang membuat tubuh ingin beristirahat.

Terlebih durasi melewati jalanan di Gunung Gumitir bukanlah durasi yang pendek. Tentu, beristirahat sejenak sangat disarankan bagi para pengemudi untuk meregangkan otot. Terutama setelah mengemudi dalam jarak jauh.

Untung saja, di area Gunung Gumitir saat ini sudah ada rest area yang sangat cocok dijadikan tempat peristirahatan yang sangat nyaman.

Dilansir oleh Portal Jember dari berbagai sumber, ada sebuah cafe  yang cocok di jadikan rest area di Gunung Gumitir bagi para pengemudi.  Cafe yang berjarak sejauh kurang lebih 35 kilometer dari Kota Jember ini berada di kawasan perkebunan kopi robusta.

Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pohon kopi dari sebuah kursi raksasa yang sudah dilengkapi tangga untuk mempermudah akses pengunjung menaiki kursi raksasa ini. Karena, letak cafe juga dikelilingi oleh pohon kopi milik PTPN XII.

Letak tempat ini yang berada di ketinggian 628 meter di atas permukaan laut membuat pengunjung merasakan udara sejuk khas pegunungan yang dapat menghilangkan penat setelah melakukan perjalanan panjang.

Selain itu, di tempat ini juga menyediakan wahana permainan seperti outbond, fliying fox, ATV, berkuda, hingga kereta wisata untuk mengunjungi pabrik kopi yang telah diresmikan Belanda pada tahun 1934.

Di tempat ini, pengunjung juga bisa mengunjungi terowongan peninggalan Belanda yang telah dibangun pada kisaran tahun 1901 hingga 1902 dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Terowongan sepanjang 690 meter ini masih berfungsi hingga saat ini beserta kereta api yang melintasinya.

Seperti cafe pada umumnya, tempat ini tentu menyediakan makanan dan minuman untuk mengisi perut. Salah satu menu minuman yang wajib dicoba sebelum melanjutkan perjalanan adalah kopi robusta, menu andalan PTPN XII.

Sumber: https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-1113001711/rest-area-gunung-gumitir-kota-jember-yang-mengesankan?page=2