PTPN XII Akhiri 2021 dengan Kenaikan Indeks IT Maturity

 4,585 total views,  3 views today

Acara closing meeting asesmen IT Maturity dan INDI 4.0 di Ruang Rapat Kopi Kantor Direksi PTPN XII

Pada awal November hingga pertengahan Desember 2021 PTPN XII melaksanakan asesmen IT Maturity dengan COBIT 5 untuk semua domain. Dalam kesempatan itu juga PTPN XII mencoba mengukur kesiapan tingkat kesiapan PTPN XII dalam menerapkan teknologi era industri 4.0 menggunakan INDI 4.0. Untuk mendukung kegiatan asesmen TI tersebut, PTPN XII menggandeng Agus Hermanto, S.Kom, MMT, ITIL, COBIT, SFC. dan tim.

Dari hasil asesmen TI tersebut didapatkan hasil indeks IT Maturity COBIT 5 semua domain sebesar 2.77 (skala 0-5). Indeks ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya dimana pada 2020 mendapat indeks skor 2.61. Sedangkan hasil persiapan pengukuran INDI 4.0, PTPN XII mendapatkan indeks 2.84 (skala 0-4) versi pengukuran Agus Hermanto dan tim.

Indeks INDI 2021 ini juga meningkat dibanding tahun sebelumnya dimana pada 2020 mendapat indeks 2.7 menurut pengukuran Agus Hermanto dan tim. Hasil asesmen TI tersebut disampaikan oleh asesor pada saat Closing Meeting tanggal 7 Januari 2022 yang dihadiri oleh Board of Management, semua Kepala Bagian, perwakilan Manajer Kebun, perwakilan Kepala Sub Bagian, dan tim pendamping asesmen.

Untuk diketahui juga bahwa sebelumnya pada bulan April 2021, PTPN XII juga telah diukur tingkat IT Maturity oleh Altha Consulting (konsultan dari Holding Perkebunan Nusantara) menggunakan COBIT 2019 pada tiga proses (BAI03, DSS01, dan DSS02) dengan hasil indeks 3.48 (skala 0-5). Skor indeks tersebut merupakan skor tertinggi diantara PTPN Anak dan KPBN.

Capaian ini diharapkan dapat semakin meningkatkan implementasi teknologi informasi di PTPN XII untuk mendukung operasional bisnis dan pencapaian tujuan perusahaan. (Aj)