Yuk Melihat Cara Membuat Cokelat di Doesoen Kakao Banyuwangi

 2,817 total views,  1 views today

Proses pengolahan cokelat di Doesoen Kakao Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Ipuk sedang melihat proses pembuatan cokelat/Foto: Ardian Fanani

Banyuwangi – Mengolah kakao menjadi cokelat rupanya tak mudah. Butuh waktu beberapa hari agar biji buah kakao bisa dinikmati menjadi cokelat. Seperti apa sih prosesnya?
Doesoen Kakao yang berada di PTPN XII, Perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, masih mempertahankan produksi pohon kakao. Tak hanya itu, di tempat ini juga dilakukan processing kakao menjadi cokelat. Yuk kita intip!

Manager Wilayah Banyuwangi PTPN XII, Benny Hendricrianto mengatakan proses pengolahan kakao menjadi cokelat menjadi salah satu daya tarik wisata Doesoen Kakao. Wisatawan bisa melihat proses bagaimana kakao diolah menjadi cokelat.

“Jadi jika ingin melihat bagaimana cokelat itu dibuat ya di Doesoen Kakao,” ujarnya kepada detikJatim, Minggu (13/3/2022).

Awal proses, buah kakao dipanen dari kebun seluas 220 hektar. Lalu, buah kakao dipisahkan antara biji buah dan kulit luarnya. Caranya dengan mengupas atau memotong kulit luar keras dan mencungkil biji buahnya. Lalu, biji dan buah yang berwarna putih itu kembali dipisahkan.

“Kemudian biji kakao difermentasi selama 4 hari. Fermentasi dilakukan di dalam, ditutup dengan karung goni. Jika sudah langsung dikeringkan,” tambahnya.

Pengeringan dilakukan dengan menggunakan terik matahari. Jika cuaca bagus, proses ini tidak membutuhkan waktu lama. Pengeringan dilakukan hingga kadar air dalam biji kakao mencapai 7,5 persen.

“Setelah itu baru disortasi dan baru diolah di ruang pengolahan cokelat. Diawali dengan pemisahan, kemudian steaming lanjut roasting. Kemudian dipisahkan antara biji dan kulit bijinya, kita lanjutkan menjadi pasta atau bubuk,” jelasnya.

Sumber: https://www.detik.com/jatim/kuliner/d-5982218/yuk-melihat-cara-membuat-cokelat-di-doesoen-kakao-banyuwangi