Kunjungan Industri ke Pabrik Teh Temukan Jenis Ini

 10,575 total views,  1 views today

Kunjungan industri
Murid dan guru SMKM 1 Surabaya kunjungan ke Pabrik Teh Wonosari Lawang. (Irvandy/PWMU.CO)

PWMU.CO– Kunjungan industri ke Pabrik Teh PT Perkebunan Nusantara XII di Wonosari Lawang Kab. Malang menjadi pilihan murid SMK Muhammadiyah 1 Surabaya, Kamis (24/3/2022).

Acara diikuti 142 siswa dan 12 guru pendamping. Begitu masuk areal perkebunan rimbunan pohon teh seperti permadani hijau terhampar di atas bumi yang luas.

 Ibu Sri dari PTPN XII menyambut rombongan dan memandu keliling kebun dan pabrik pengolahan teh peninggalan Belanda ini.

Pohon teh yang ditanam di sini hasil persilangan antara Camellia sinensis var. Senensis dengan Camellia sinensis var. Assamica yang diproduksi menggunakan metode Crushing, Tearing, Curling (CTC). Dataran pegunungan kawasan ini bersuhu 22-23 derajat celcius.

Petik teh dikerjakan pagi sebelum terbit matahari oleh ibu-ibu pekerja. Mereka hanya memetik pucuk daun. Daun teh lalu dikumpulkan ke pabrik untuk ditimbang. Untuk proses pengolahan, daun-daun itu disortir.

Setelah itu dimasukkan tungku pengering dengan suhu tertentu untuk pelayuan. Setelah itu ada proses penggilingan, oksidasi enzimatis, pengeringan, sortasi, pengemasan, penyimpanan, dan pendistribusian.

Hasil produk pabrik teh ini paling terkenal teh hitam untuk diekspor. Selain teh hitam, PTPN XII juga membuat teh putih. Pengolahan teh putih hampir sama dengan teh hijau yaitu tanpa fermentasi.Baca Juga:  IPM SMK Mutu Surabaya Bikin Lomba TikTok Kemerdekaan

Di tempat ini juga disediakan kafe menikmati teh dan membeli oleh-oleh produk perkebunan negara ini. Nama produk teh di sini diberi merk Rollas. Artinya PTPN XII.

”Kami merasa senang bisa bertemu dengan siswa SMK Muhammadiyah 1 Surabaya sekaligus merasa bangga kedatangan tamu. Semoga apa yang kami berikan membawa manfaat bagi anak-anak terutama pengetahuan terhadap pabrik teh ini,” ujar Sri.

Wakasek Kurikulum SMKM 1 Surabaya Dra Hj Khusnul Khatimah MM menjelaskan, kunjungan industri kegiatan pembelajaran  di luar sekolah bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan siswa.Baca Juga:  Tangis Haru Warnai Pengumuman Kelulusan SMKM 1 Surabaya

Juga mengetahui bagaimana suasana kerja di industri sebenarnya maupun bagaimana proses pengelolaan teh sehingga menjadi produk unggulan.

”Program kunjungan industri ini adalah program tahunan yang dilaksanakan oleh kelas X seluruh program studi yakni Akuntansi, DKV, dan TJKT. Harapannya mereka mengerti bagaimana dunia usaha dunia industri sebelum mereka terjun langsung di dunia kerja,” katanya.

sumber: https://pwmu.co/234084/03/28/kunjungan-industri-ke-pabrik-teh-temukan-jenis-ini/