RS Anak Usaha PTPN XII Bangun Fasilitas Layanan Hunian Lansia di Banyuwangi

 15,087 total views,  3 views today

KLIKJATIM.Com | Banyuwangi – Rumah Sakit yang dikelola PT Rolas Nusantara Medika anak usaha  PTPN XII membangun layanan hunian lansia. Pembangunan ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Kecamatan Glenmore pada Senin (30/5/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, di antaranya Direktur Operasi PT Pertamina Bina Medika drg. Mira Dyahwahyuni, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Oneng Satya Harini, Direktur PT Rolas Nusantara Medika dr. I Wayan Sulianta, dan Direktur RSU Bhakti Husada Krikilan dr. Martha Nurani Putri.

Direktur PT Rolas Nusantara Medika, dr. I Wayan Sulianta mengemukakan bahwa layanan hunian lansia tersebut pengerjaannya ditarget selesai empat bulan ke depan.

“Dari data statistik tahun 2021, jumlah penduduk di Jawa Timur ada sekitar 39 juta jiwa, dan yang lanjut usia mencapai 13.48 persen,” kata dr. Sulianta.

Menurut dia, jumlah itu diperkirakan mengalami kenaikan pada 2045. Penduduk lanjut usia di Indonesia, akan mencapai hampir 19.90 persen.

“Tiap tahun meningkat, dan diprediksi pada 2045 nanti jumlah itu akan menjadi lebih banyak lagi. Pembangunan senior living ini sangat perlu di Banyuwangi,” tuturnya.

Ia menambahkan, layanan hunian lansia nantinya akan menjadi pusat layanan social living bagi para lansia. Seperti perawatan tenaga medis, konsultasi gizi, fisioterapi, pelayanan total care hingga kegiatan menyalurkan hobi bagi para pasien ini nantinya.

“Jadi, ini untuk senior living dan senior care,” katanya.

Pengembangan layanan kesehatan di senior living akan dilengkapi dengan wellnes program (penerapan gaya hidup sehat), dan aktivitas penunjang kehidupan sehari-hari, seperti pengawasan setiap hari (daily monitoring), terapi yang biasa dilakukan di taman, fisioterapi, penyediaan nutrisi herbal, yoga, dan Spa.

Dalam kesempatan itu  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi langkah pembangunan senior living itu, karena selaras dengan konsep medical tourism yang kini menjadi tren di sejumlah negara maju.

“Selama ini, ketika berbicara medical tourism, seringkali yang dirujuk adalah Singapura atau di Penang (Malaysia). Sedangkan di negara kita sendiri, ini masih belum tergarap dengan baik,” ujarnya di Banyuwangi, Rabu.

Bupati Ipuk menjelaskan konsep wisata medis sangat tepat dikembangkan di Banyuwangi. Kabupaten ujung timur Jawa ini, yang selama ini telah dikenal sebagai daerah jujukan wisatawan.

Dengan letak geografinya yang dikelilingi oleh tiga taman nasional dan juga pantai-pantai, Banyuwangi dinilai tempat yang pas untuk penyembuhan.

“Alam Banyuwangi yang masih asri, indah dan memiliki udara yang segar ini, bisa membantu proses pemulihan dengan cepat. Apalagi, jika di Glenmore ini. Udara pegunungannya masih sangat terasa. Oksigen masih sangat baik. Tentu, ini amat cocok bagi orang yang ingin penyembuhan,” paparnya. (ris)

Sumber: https://klikjatim.com/rs-anak-usaha-ptpn-xii-bangun-fasilitas-layanan-hunian-lansia-di-banyuwangi/