PTPN XII Gelar Tradisi Resepsi “Tebu Manten”

 200 total views,  1 views today

MENJAGA TRADISI: Prosesi Tebu Manten ketika diarak disekitar lahan tebu PTPN XII di Kebun Mumbul, Jumat (3/6) kemarin. Layaknya penganten sesungguhnya, prosesi petik tebu manten memiliki makna mengawinkan pihak dari petani dan pabrik.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kebun Mumbul melangsungkan tradisi pagelaran resepsi “Tebu Manten” Jumat (3/6). Tradisi ini dilakukan untuk menandai dimulainya musim tebang tebu dan produksi gula. Acara yang dilaksanakan di area kebun tebu PTPN XII di Kebun Mumbul ini rutin diadakan setiap tahun.

Kebun Mumbul Pengelola Komoditi Tebu Wilayah Jember secara simbolis mengadakan Tebang Tebu Perdana dengan serangkaian prosesi unik. Yaitu mengkolaborasikan adat Jawa dan Madura, meliputi prosesi Tebu Manten yang diawali dengan siraman tebu dan Tuwuhan dengan iringan alat musik patrol khas madura.

FOTO BERSAMA: Resepsi “Tebu Manten” juga dihadiri SEVP Operation PTPN XII Ir H Yualianto yang mempunyai harapan target RKAP produksi Tebu TS Jember bisa tercapai 240.000 ton Bahan Baku Tebu

Layaknya penganten sesungguhnya, prosesi petik tebu manten memiliki makna mengawinkan pihak dari petani dan pabrik. Tebu yang diambil sebagai simbolis ada dua batang yang diberi nama Raden Bagus Rosan dan Dyah Ayu Roro Manis. Petik tebu manten bertujuan untuk mengawinkan pihak petani dan pabrik dalam bekerja sama. Sedangkan Tuwuhan sendiri memiliki makna filosofis untuk membuka pintu rezeki bagi pengelola tebu yaitu Kebun Mumbul.

Resepsi “Tebu Manten” dihadiri SEVP Operation PTPN XII, Yualianto. Dalam arahannya kepada jajaran PTPN XII Kebun Mumbul, dia berharap target RKAP produksi Tebu TS Jember bisa tercapai sejumlah 240.000 ton Bahan Baku Tebu (BBT).

Menurut Manajer Kebun Mumbul PTPN XII, Hendro Prasetyo, untuk dapat menyukseskan tanam tebu perlu kerjasama semua pihak. Mulai dari petani sampai pejabat. “Dengan kerjasama yang solid Tim Kebun Mumbul dan hubungan kerjasama yang baik dengan stakeholder Kebun Mumbul, target RKAP Tebu Kebun Mumbul diharapkan bisa dicapai,” jelasnya.

Acara “Tebu Manten“ ini merupakan wujud rasa syukur sebagai pertanda musim tebang tebu di lingkungan PTPN XII Kebun Mumbul. “Harapannya, panen tebu diberikan kelancaran, keselamatan, dan produksi tebu yang melimpah dan produktivitas tanaman tinggi. Panen tebu tahun ini diharapkan lebih baik dari sebelumnya,” ujar Hendro Prasetyo SP.

Setelah prosesi Siraman dan Tuwuhan tebu manten, dilanjutkan arak-arakan tebu manten menuju aula Kebun Mumbul. Secara simbolis, Asisten Kepala TMA Kebun Mumbul, Broto Widyo Lukito, menyerahkan Tebu Manten kepada Pabrik Gula PT IGG untuk bisa diolah dan mendapatkan rendemen yang optimal.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh BOM PTPN XII, Forpimka Mumbulsari, Kepala Desa dan tokoh agama di sekitar Kebun Mumbul, Mitra KSU, Vendor TMA, dan Tim Kebun Mumbul. Acara diakhiri dengan dengan doa bersama dan ramah tamah dengan hidangan tumpeng yang diiringi musik tradisional Patrol.

Semaraknya prosesi acara pagelaran tebu manten di PTPN XII Kebun Mumbul yang di dalamnya juga ada acara arak-arakan manten, dari lokasi lahan tebu Kebun Mumbul ke Aula Kebun Mumbul. Kekompakan begitu nampak dari semua yang hadir. Arak-arakan yang juga menggunakan iring-iringan alat berat dan kendaraan lainnya sejauh kurang lebih 3 kilometer. Masyarakat sekitar kebun pun antusiasme menyaksikan jalannya acara.

Dengan adanya penanaman tebu di PTPN XII sangat bermanfaat untuk peningkatan ekonomi warga sekitar. Lapangan kerja tercipta seperti petani yang bekerja budidaya dan panen tebu, saat panen transportasi seperti truk juga mendapat manfaat, termasuk munculnya warung-warung makanan.

“Harapan ke depan, budidaya tebu di PTPN XII dapat bermanfaat dan meningkatkan ekonomi bagi semua warga di lingkungan PTPN XII. Mengingat pentingnya penanaman tebu ini terhadap pendapatan masyarakat, maka diharapkan seluruh masyarakat turut menjaga pengamanan areal maupun produksi tebu di wilayah PTPN XII,” ujar SEVP OPERATION PTPN XII Ir H. Yualianto.

Sumber: https://radarjember.jawapos.com/sinergi/05/06/2022/ptpn-xii-gelar-tradisi-resepsi-tebu-manten/2/