6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Indah

 719 total views,  8 views today

Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Indah, googl street view perkebunan teh sirah kencong
6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Indah, googl street view perkebunan teh sirah kencong

Jika kamu mencari wisata kebun teh di daerah Jawa Timur tidaklah susah untuk mencarinya. Inilah beberapa wisata kebun teh di Jawa Timur yang indah. Dikutip dari Perkembangan Agrowisata Perkebunan Teh Wonosari Tahun 1994-2010, Ratna Kartika. (2014:61), teh merupakan komoditi ekspor non migas yang menguntungkan Indonesia.

Sejak tahun 1990an, produksi teh di Indonesia mengalami penurunan. Pihak PTPN XII (Persero) mencoba meningkatkan pendapatan perkebunan dengan membuka perkebunan sebagai objek wisata.

Salah satu contoh perkebunan teh yang ada di Jawa Timur yaitu Perkebunan teh Wonosari. Perkebunan ini resmi dibuka sebagai agrowisata pada Agustus 1994. Perkebunan ini menggunakan konsep agrowisata yaitu memanfaatkan keindahan alam sebagai daya tarik wisata.

Pembukaan agrowisata perkebunan teh Wonosari sejalan dengan Undang-Undang Nomor 9 Tentang Kepariwisataan tahun 1900 dan kebijakan Visit Indonesia Year 1991 Menteri Pariwisata, Telekomunikasi dan Pos Joop Ave.

Selain kebijakan-kebijakan tersebut, keberhasilan PTPN VIII (Persero) membuka agrowisata perkebunan teh Gunung Mas di Jawa barat mempengaruhi PTPN XII (Persero) untuk membuka perkebunan teh Wonosari sebagai agrowisata.

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Indah

google street view kebun teh wonosari
google street view kebun teh wonosari

Selain perkebunan teh wonosari ini ada juga beberapa perkebunan teh yang juga dijadikan tempat wisata, yaitu sebagai berikut:

1. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Tujuan wisata di Jawa Timur, Perkebunan teh pedesaan di kawasan indah dengan air terjun, menawarkan tur & pencicipan.Beralamat di 2CFH+6J8, Pkb. Sirahkencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66184. Dengan jam buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 17.00

2. Jamus Tea Plantation

Tujuan wisata di Jawa Timur, Wisata perkebunan dengan hamparan kebun teh di kaki gunung, dengan pemandangan yang sangat indah.Beralamat di C5RJ+HHW, Jamus, RW.04, Jamus, Girikerto, Kec. Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264. Dengan jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

3. Pondok Pesona Kebun Teh Gambir

Taman di Jawa Timur, yang beralamat di XC8R+2GH, Pasi, Gelang, Kec. Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68156. Dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00.

4. Kebun Teh Kemuning

Perkebunan Pohon teh, Kebun teh di lereng Gunung Berapi Lawu, yang menawarkan jalan-jalan tanpa pemandu & beberapa kafe.Beralamat di C43M+Q8X, Jalan, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar Regency, Central Java 57794. Jam buka setiap hari.

5. Wisata Agro Wonosari

Tujuan Wisata Kebun teh dataran tinggi dengan pemandian air panas plus jalur untuk mendaki & bersepeda.Beralamat di RT.04/RW.07, Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153. Dengan jam buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 17.00.

6. Keboen Teh Lawang

Kebun raya di Jawa Timur. Beralamat di 5JGX+H2J, Tegalrejo, Ketindan, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153. Jam buka setiap hari.Itulah beberapa wisata kebun tehyang ada di Jawa Timur yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati sejuknya alam dan pemandangannya yang indah.(AI)

Sumber: https://kumparan.com/jendela-dunia/6-wisata-kebun-teh-di-jawa-timur-yang-indah-1ylCVXc8v3Q