Gunung Gambir, Destinasi Favorit untuk Healing di Jember

 451 total views,  7 views today

WISATA GUNUNG GAMBIR – Wisata kebun Teh Gunung Gambir  (IG: @fifimasdalifah)
WISATA GUNUNG GAMBIR – Wisata kebun Teh Gunung Gambir (IG: @fifimasdalifah)

KLIKTIMES.COM | MALANG – Wisata Gunung Gambir dapatn menjadi pilihan utama untuk tempat berwisata di Jember. Suasana dan pemandangan alam hijau dengan hamparan perkebunan teh yang masih asri menjadi tempat favorit untuk dikunjungi apalagi saat musim liburan.

Kebun teh ini ada sejak tahun 1918 dan kononnya merupakan salah satu bekas peninggalan kolonial Belanda ketika Jepang menjajah Indonesia. Meskipun sudah lama, kebun teh ini masih terjaga keindahan dan keasriannya bahkan saat ini dijadikan sebagai agrowisata.

Wisata kebun teh ini berlokasi di Dusun Nanasan, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Gambir berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo.

Untuk menuju ke kebun teh ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Jember.

Tidak hanya keindahan yang bisa dipandang oleh pengunjung, namun juga suhu dingin yang mampu menghilangkan kepenatan aktivitas karena Gunung Gambir ini terletak pada ketinggian 900 mdpl.

Pengelola kebun teh Dodo Eko Wahyudi mengatakan wisata agro ini berdiri di lahan perkebunan teh seluas kurang lebih 22 hektare yang berada di wilayah milik perkebunan PTPN XII. Menurut Dodo, lokasi ini menyuguhkan wisata alam yang berbeda dengan lainnya karena mengambil konsep kekinian, dengan menyesuaikan kebutuhan swafoto untuk diunggah di medsos.

Harga tiket wisata Gunung Gambir ini cukup terjangkau, hanya Rp. 10.000/orang, pengunjung sudah bisa masuk sepuasnya menjelajahi kawasan kebun teh ini. Untuk tarif parkirnya pun terjangkau hanya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Adapun fasilitas yang ada di wisata Gunung Gambir dilansir dari orami.co.id

  1. Teawalk

Fasilitas yang disediakan salah satunya yaitu jalur trekking yang sangat keren, berbentuk jembatan yang Bernama jembatan Layang Klobungan. Umumnya, jembatan ini juga digunakan sebagai jogging track.

  1. Spot Foto

Tidak hanya jalur trekking yang sangat keren, di Gunung Gambir ini juga menyediakan spot foto yang instragramable. Namun, tidak merusak keasrian alam sekitar.

  1. Gazabo

Gunung Gambir ini juga menyediakan gazabo yang didesain sedikit tinggi 1-2 meter dari tanaman teh agar pengunjung bisa beristirahat dan juga melihat pemandangan kebun teh yang sejuk dan indah.

Selain itu juga di tempat ini menyediakan fasilitas umum lainnya seperti tersedianya tempat parkir yang luas, toilet, kamar mandi, warung makan dan lain sebagainya.

Itu beberapa fasilitas yang bisa pengunjung gunakan ketika berlibur di Gunung Gambir ini, jadi agendakan liburan kamu bersama teman, keluarga, atau dengan orang tersayang. (sia/sre)

Sumber: https://www.kliktimes.com/travel/pr-7295286634/gunung-gambir-destinasi-favorit-untuk-healing-di-jember?page=2