Jelang Penyaluran Modal 2022, PTPN XII Bekali Mitra Peternak Pengetahuan Pakan dan Kesehatan Ternak

 6,235 total views,  1 views today

Dr. Moh. Anam Al Arif (Lektor) saat presentasi di depan para mitra peternak (29/11) lalu

Surabaya (8/12) – Bulan Desember 2022 ini PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) akan segera merealisasikan penyaluran modal kemitraan ke-21 kepada 363 orang mitra peternak sapi potong PTPN XII yang berada di wilayah Banyuwangi, Jember dan sekitarnya.

Sebelum itu, untuk meningkatkan pengetahuan para mitra peternak terkait pakan dan kesehatan ternak, PTPN XII mengadakan Workshop Peternakan yang diikuti oleh 86 orang mitra binaan dari penyaluran dana program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) tahun 2021, pada Selasa (29/11) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan PTPN XII Jember tersebut merupakan salah satu wujud program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) rutin PTPN XII. Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan mitra binaan PTPN XII di sektor peternakan agar dapat meningkatkan kualitas sapi potong peliharaan, sehingga bernilai jual tinggi dan usahanya berkembang.

“Kegiatan ini merupakan program kerja tahun 2022 dan tindak lanjut dari pertemuan bersama koordinator dan perwakilan ketua kelompok mitra binaan bulan Oktober lalu. Diungkapkan permasalahan dari para peternak, terkait penyediaan pakan dan kesehatan ternak untuk menghasilkan sapi potong yang berkualitas, sehingga nilai jual sapi tinggi”, tutur Adhi Priyo Utomo, Kepala Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN XII yang juga ketua pelaksanaan workshop tersebut.

Adhi juga menambahkan bahwa melalui workshop ini, diharapkan para mitra binaan bisa mendapatkan solusi atas kendala yang muncul terkait penyediaan pakan dan kondisi kesehatan sapi potong.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN XII berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya untuk memberikan materi workshop kepada para peserta.

Hadir dalam kegiatan sekaligus sebagai pembicara, yakni Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Dr.  Herry Agoes Hermadi, drh,. M.Si. serta Lektor Utama Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Moh. Anam Al Arif, drh., MP. Keduanya menyampaikan materi perihal pengelolaan pakan sapi menggunakan hijauan yang ada di sekitar, dan manajemen kesehatan untuk penggemukan sapi potong.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan bermanfaat. Peserta sangat antusias mengikuti workshop ini, karena peserta merupakan para mitra peternak yang menghadapi langsung masalah pakan dan kesehatan ternaknya”, pungkas Prof Herry di akhir acara.