PTPN XII Bagi APD untuk Para Penambang Belerang Gunung Ijen

 14,002 total views,  2 views today

Bondowoso (15/12) – Gunung Ijen dikenal dengan fenomena blue fire dari kawah besar berisikan air kebiruan yang memiliki keindahan tersendiri. Pemandangan pegunungan Ijen yang menakjubkan mampu mendatangkan wisatawan mancanegara. Namun, jika dilihat lebih dekat, di antara keindahan pemandangan Gunung Ijen, terdapat ratusan sosok yang hilir mudik mendaki puncak gunung dan menuruni kawah untuk mengangkut batuan berat di pundak. Merekalah para penambang belerang di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.

Para penambang belerang di kawasan Ijen mayoritas merupakan masyarakat sekitar pegunungan Ijen, Kabupaten Banyuwangi. Saat ini jumlah penambang belerang mencapai 150 orang. Ditempuh selama 2 jam perjalanan menuju kawah dengan lereng yang terjal, para penambang memanen belerang.

Para penambang rela berjuang menembus asap beracun yang keluar dari kawah dengan peralatan seadanya meski berisiko tinggi terhadap gangguan kesehatan dan mengalami kecelakaan kerja. Bermodal perlengkapan dan peralatan seadanya, setiap hari para penambang menghirup asap belerang yang mengandung karbon dioksida dan hidrogen sulfida yang dapat merusak pernapasan bahkan membuat nyawa melayang.

Kamis, 15 Desember 2022 siang, dalam rangka mendukung para penambang belerang di kawasan Ijen agar dapat bekerja dengan aman dan nyaman, PT Perkebunan Nusantara XII memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sepatu bot dan masker gas masing – masing sejumlah 150 buah dengan total nilai sebesar Rp38 juta. Penyaluran bantuan APD untuk para penambang belerang ini dilakukan di puncak gunung Ijen, Bondowoso. Sebanyak 150 orang penambang belerang hadir dalam prosesi penyerahan bantuan APD oleh Manajer PTPN XII Kebun Blawan, Tatang Setiawan, sebagai perwakilan Manajemen PTPN XII tersebut.

“Pemberian sepatu bot dan masker gas ini merupakan salah satu bentuk support dari PTPN XII kepada Bapak – Bapak yang setiap hari harus berjuang dengan alat seadanya dan risiko terhadap keselamatan diri begitu tinggi, kami harap sedikit bantuan kami ini dapat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan Bapak sekalian agar lebih aman.”, tutur Tatang dalam sambutannya.

Selaras dengan semboyan “BUMN untuk Indonesia” serta program BUMN Peduli yang dicanangkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, Winarto, menyebutkan bahwa penyaluran bantuan APD untuk penambang belerang Gunung Ijen tersebut merupakan program kerja perusahaan yang sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN RI nomor PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Kita melihat penambang belerang sebagai pahlawan keluarga harus melakukan pekerjaan yang berbahaya setiap harinya, namun kurang didukung dengan kelengkapan APD yang layak, maka sebagai bentuk kepedulian dan wujud nyata BUMN untuk Indonesia, PTPN XII sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara turut serta memberikan dukungan berupa bantuan alat pelindung diri yang memadai untuk para penambang belerang, harapannya semoga dapat menambah kenyamanan dan keselamatan dalam bekerja.”, ungkap Winarto.

Koordinator Penambang Belerang Kawasan Gunung Ijen, Ahmad Aripin (40 th) menyampaikan terima kasih kepada PTPN XII atas bantuan sepatu bot dan masker gas yang telah diberikan.

“Terima kasih banyak kepada PT Perkebunan Nusantara XII atas bantuan yang diberikan, sepatu dan masker ini adalah alat – alat yang sangat bermanfaat dan kami butuhkan untuk melakukan pekerjaan kami.”, tukas Ahmad Aripin.