Wisata Kebun Teh di Probolinggo Bisa Dicoba saat Libur Tahun Baru

 18,982 total views,  1 views today

Wisata agro petik dauh teh di Tiris, Kabupaten Probolinggo
Wisata agro petik daun teh di Tiris, Kabupten Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikJatim)

Probolinggo – Libur tahun baru telah tiba. Jika detikers ingin berlibur sambil menikmati udara segar, wisata agro kebun teh di Kabupaten Probolinggo ini patut dicoba.

Kawasan wisata kebun teh ini berada di di lereng Gunung Gambir, tepatnya Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Kebun teh seluas 183,49 hektare ini yang berada di bawah pengelolaan PTPN XII sebenarnya belum dijadikan destinasi wisata resmi. Namun siapa saja bisa mengunjungi alias terbuka untuk umum.

Meski lokasinya berada di daerah dataran tinggi dan agak sulit dijangkau, tapi ini menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Dan setiap pekan atau hari libur dipastikan pengunjung selalu ada.

Tiba di lokasi, pengunjung akan langsung disambut dengan hamparan daun teh yang hijau sejauh mata memandang. Suasana pedesaan dan segarnya udara tak jarang membuat pengunjung semakin betah.

Wisatawan yang datang menyebut kawasan wisata ini serupa dengan di Puncak, Jawa Barat. Ini karena suasananya yang dikelilingi perbukitan dan pengunjung tentunya bisa memetik langsung daun-dauh teh sambil menikmati aroma khasnya.

Para pengunjung tak sendiri saat memetik daun teh, sebab para ibu-ibu petani setempat siap menemani. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat langsung pengolahan daun menjadi teh yang akan dipasarkan.

Jika berada kawasan kebun teh Probolinggo ini, jangan lupa juga mampir ke destinasi lainnya. Seperti menikmati keindahan alam dari pegunungan Hyang/Argopuro dan Gunung Lemongan.

Kecamatan Tiris sendiri berada di ketinggian antara 700 hingga 1.000 mdpl. Dari ketinggian ini, Tiris juga menyimpan sejumlah ranu atau danau.

Sebut saja Ranu Agung, Ranu Segaran, Ranu Segaran Kidul, Ranu Merah dan Ranu Gedang. Semua dapat dinikmati sekaligus saat berkunjung ke Tiris ini. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah Ranu Agung.

Selain obyek tersebut, Tiris juga terdapat Candi Kedaton, Air Terjun Mukjizat, Pemandian Air Panas dan destinasi rafting. Nah, penasaran ingin ke sana, langsung saja mumpung libur telah tiba.

Sumber: https://www.detik.com/jatim/wisata/d-6486570/wisata-kebun-teh-di-probolinggo-bisa-dicoba-saat-libur-tahun-baru.