Wujud Bakti BUMN di Banyuwangi, PTPN XII Tanam 2.500 Pohon di Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru

 615 total views,  1 views today

SEVP Business Support PTPN XII, Tri Septiono, saat acara penanaman 2.500 bibit pohon

Banyuwangi – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII berkorlaborasi dengan PTPN X, PTPN XI dan PT KAI melakukan penanaman 2.500 pohon di Dusun Gunung Raung Desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi pada Selasa 7 Maret 2023.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari acara Relawan Bakti BUMN dengan tema Bakti BUMN untuk Banyuwangi. Kegiatan itu digelar selama 4 hari sejak tanggal 7 hingga 10 Maret 2023 dengan berbagai acara. 

Mulai dari penanaman pohon, BUMN mengajar, pembagian sembako gratis hingga kegiatan penyuluhan kesehatan.

Ribuan bibit pohon yang ditanam di kawasan perkebunan PTPN XII itu diantaranya, bibit durian, alpukat, rambutan, jambu, mangga, beringin, dan aneka fikus. Bibit itu ditanam bersama melibatkan anggota TNI Brigif 09 Kostrad, warga sekitar dan para relawan bakti BUMN. 

“Kegiatan tanam pohon itu merupakan rangkaian dari kegiatan relawan bakti BUMN di Banyuwangi,” dalam sambutan SEVP Bussines Support PTPN XII, Tri Septiono, di lokasi acara.

Dalam keterangannya disampaikan bahwa, PTPN XII memiliki kepedulian untuk turut berkontribusi terhadap isu lingkungan. Seperti pencegahan bencana longsor dan banjir dengan melakukan penghijauan.  “Penanaman pohon ini juga sebagai upaya konservasi lahan dan kepedulian pada isu lingkungan,”. Dengan penanaman pohon diharapkan bisa meningkatkan daya dukung lingkungan, seperti penyerapan air hujan sehingga tidak terjadi bencana longsor. 

“Beberapa tempat juga kami lakukan penanaman, sesuai dengan rencana kerja anggaran perusahaan,” dalam keterangannya. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto menyambut baik kegiatan penanaman pohon tersebut. Sebab pihaknya sekarang sedang gencar melakukan reboisasi untuk mencegah bencana banjir. 

“Kami sedang fokus reboisasi, menanam tanaman keras agar bisa menahan laju hujan sehingga tidak menggerus tanah,” tambah Dwi Yanto.

Dwi menilai program relawan Bakti BUMN itu layak mendapatkan apresiasi karena memiliki manfaat yang besar bagi Kabupaten Banyuwangi. Tak hanya soal lingkungan, namun juga kepedulian di bidang Kesehatan dan Pendidikan. 

Untuk itu, Pemkab Banyuwangi mengajak masyarakat agar turut berpartisipasi dalam kegiatan bakti BUMN tersebut.  

Kepala Dusun Gunung Raung Desa Kajarharjo Faridi menambahkan penanaman pohon tersebut sangat penting bagi warga sekitar. Salah satunya adalah untuk mencegah adanya longsor. 

“Ini bagus sekali, karena bisa mencegah terjadinya longsor,” terang Faridi. 

Menurutnya, warga yang tinggal di sekitar perkebunan tersebut cukup banyak. Yakni ada sekitar 23 RT dengan jumlah 600 Kepala Keluarga (KK). Warga berterima kasih karena melalui penanaman pohon itu, potensi terjadinya bencana alam bisa dicegah sejak dini.