Peringati Hari Kartini dan Hari Buruh 2023, SPBUN PTPN XII Gelar Pelatihan Writerpreneur

 17,310 total views,  1 views today

Seluruh peserta writerprenuer berfoto bersama saat walking tour ke Tugu Pahlawan, Surabaya

Surabaya (2/5) – Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) menggelar pelatihan writerpreneneur bagi para karyawan perempuan dengan tema Perempuan Perkebunan Tangguh.

Panitia kegiatan ini berasal dari SPBUN Pusat PTPN XII Bidang IV Pengembangan Usaha dan Pemberdayaan Perempuan.

Ketua Umum SPBUN Ganang Hadi Pantara, S. E. menjelaskan pelatihan menulis bagi perempuan dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Buruh tahun 2023.

Sejak pendaftaran dibuka pada 6 hingga 11 Maret 2023 lalu, ada 26 peserta yang merupakan karyawan PTPN XII perwakilan dari hampir seluruh unit kerja.

“Mereka terdiri dari 15 peserta dari Unit Kerja kebun dan 11 peserta dari Unit Kerja Kantor Direksi. Selain itu terdapat pula tambahan tulisan inspiratif yang disumbangkan oleh Ibu Siwi Peni selaku Direktur PTPN XII,” Kata Ganang Hadi Pantara.

Pelatihan itu dilakukan secara online via WhatsApp Group sejak tanggal 22 Maret 2023 hingga 5 April 2023. Kemudian dilanjutkan kegiatan membuat karya tulis sejak tanggal 6 hingga 11 April 2023.

Menurut Ganang, pelatihan penulisan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada karyawan perempuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam menulis.

Selain itu, juga sebagai salah satu wujud atau bentuk kepedulian terhadap kemampuan pekerja perempuan.

Kemudian, sebagai bentuk transfer ilmu pengetahuan dan untuk tujuan jangka panjang dapat memberikan alternatif kegiatan produktif bagi para perempuan.

“Hal ini mampu memberikan peluang tambahan pendapatan keluarga dengan mengikuti kelas menulis untuk menghasilkan karya terbaik dan dapat dikomersilkan,” Terang Ganang.

Ganang menambahkan pelatihan itu juga sebagai wadah tempat penyaluran hobi dan bakat karyawan perempuan. Selain itu juga bisa membuat basis dokumentasi karya dari karyawan perempuan.

Pelatihan itu diharapkan memotivasi pekerja perempuan yang lain untuk bisa berkarya.

” Ini menjadi bukti wujud nyata kepedulian dari SPBUN PTPN XII dan Manajemen PTPN XII terhadap pengembangan skill menulis bagi karyawan perempuan,” Tambah Ganang.

Ganang menjelaskan dari 26 peserta pelatihan, mereka sudah berhasil membuat sebuah buku Antologi berjudul “Perempuan Tangguh.

Pemenang tulisan terbaik I hingga IV saat menerima hadiah dari Ketua Umum SPBUN Pusat PTPN XII didampingi Kepala Bagian SDM PTPN XII

Menurut Ganang, ada 10 besar karya tulis terbaik yang mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan inspirasi bagi karyawan perempuan lain dan perempuan merdeka dalam menyalurkan pikiran dan karyanya serta tangguh dalam menjalani kehidupan ini,” Ungkap Ganang.

Sementara itu, Ketua Bidang IV SPBUN PTPN XII, Muchammad Hatta menambahkan, selain kegiatan pelatihan menulis, seluruh peserta writerpreneur juga diajak mengikuti walking tour.

” Peserta ini datang dari beberapa unit kebun yang berada di beberapa kabupaten dan tidak semua pernah berkunjung ke kota Surabaya, sehingga kami ajak jalan – jalan ke wisata sejarah Surabaya mulai dari Jalan Rajawali, Jalan Merak, Jalan Veteran dan Tugu Pahlawan”, Pungkas Hatta.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.