Ekspor Perdana Regional 5 dengan dokumen PTPN I

 7,284 total views,  3 views today

PT Perkebunan Nusantara I Regional 5  merupakan bagian dari Subholding PT Perkebunan Nusantara I yang wilayah usahanya terletak wilayah Jawa Timur.  PTPN I  Regional 5 memiliki beberapa komoditas unggulan ekspor yang telah dikenal di seluruh dunia.

Komoditas-komoditas tersebut diantaranya adalah Karet, Kopi, dan Teh yang merupakan komoditas penyumbang devisa non migas Indonesia yang diekspor ke negara tujuan seperti Amerika Serikat,  Italia, Jerman, Inggris, Belgia, Belanda, Arab Saudi, Jepang, China, India dan beberapa negara lainnya.

Komoditas Ekspor PTPN I Regional 5 dikenal dengan merk dagang  Java Coffee, Black Tea CTC SAR, Ribbed Smoked Sheet. PTPN I Regional 5 selalu memperhatikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, Hazard Analysis and Critical Control Points, Rainforest Alliance, Halal Mui, Good Agricultural Practices, dan Good Manufacturing Practices dalam proses produksi maupun pengolahannya, sehingga kualiatas produk yang dikirimkan kepada pembeli dapat terjaga.

Pada  tanggal 03 Juni 2024, PTPN I Regional 5 telah melakukan ekspor perdana Karet RSS 1 sebanyak 40 ton dengan menggunakan nama dan perizinan PTPN I, pengiriman ini dilakukan melalui pelabuhan Tanjung Perak-Surabaya ke negara China dengan nilai ekspor Rp1,6 Miliar.

Pengiriman ekspor perdana ini berhasil dilakukan menggunakan nama PTPN I sebagai identitas ekportir. Perubahan ini merupakan hasil koordinasi dan dukungan yang baik dari berbagai pihak, baik Kementerian Investasi/BKPM, Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur serta Balai Karantina Tumbuhan Provinsi Jawa Timur.

PTPN I Regional 5 juga telah berupaya meyakinkan pembeli atas perubahan identitas Eksportir dengan tetap menjaga mutu atau kualitas produk yang dikirimkan.

“Konsistensi kualitas produk dan kesesuaian Identitas eksportir adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari seluruh pembeli, sehingga diharapkan langkah ini akan terus meningkatkan penjualan komoditas di PTPN I Regional 5.” Ungkap Nelson Limbong selaku Kepala Bagian Manajemen Aset dan Pemasaran PTPN I Regional 5. (AFN-SAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.