Glen Choco, Cokelat Asal Banyuwangi Kualitas Dunia

551 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tak hanya tersohor dengan sajian kuliner uniknya. Banyuwangi juga punya cokelat yang ternyata sudah terkenal dan menjadi salah satu cokelat terbaik di dunia.

Selain potensi wisata, seni dan budaya. Luasnya perkebunan di kota yang dijuluki sebagai ‘Sunrise of Java’ ini juga patut diacungi jempol. Pasalnya, tidak hanya banyak tumbuh tanaman cengkeh dan kopi, tapi juga biji cokelat banyak dihasilkan di daerah ini, salah satunya adalah Glenmore.

Glenmore merupakan daerah perkebunan berhawa sejuk di bagian timur kota Banyuwangi. Nama Glenmore sendiri sering memicu pertanyaan. Konon nama ini berasal dari gabungan kata “Glen” dan “More”. Glen menggambarkan daerah berhawa sejuk dengan lahan berkontur, sedangkan More menunjukkan daerah ini memiliki hamparan berkontur yang lebih banyak dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Versi lain menyebutkan bahwa Glenmore adalah nama yang diberikan oleh bangsawan Skotlandia yakni Ros Taylor yang memiliki lahan perkebunan di daerah ini.

Istilah Glenmore juga cukup popular di Skotlandia. Selain untuk menyebutkan daerah dengan kontur perbukitan, kata Glenmore juga digunakan untuk nama hotel, plaza, taman hutan hingga pusat latihan olahraga luar ruangan.

Di Indonesia, biji cokelat banyak di tanam di Tabanan-Bali, Pidi Jaya-Aceh dan juga Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.  Rasa Cokelat dari Banyuwangi memiliki karakteristik yang berbeda dengan daerah lain. Cokelat asal Glenmore, Banyuwangi rasanya cenderung asam buah-buahan, mirip seperti kismis. Dan after taste-nya menghasilkan rasa madu

Cokelat asal Kecamatan Glenmore, Banyuwangi menjadi salah satu cokelat terbaik di dunia karena rasanya yang unik. Sehingga tak heran kalau cokelat Indonesia jadi pilihan banyak produsen di Swiss dan juga Belgia. 
Oleh karena itu, selain memproduksi cokelat untuk kebutuhan industri dan ekspor, PTPN XII melalui anak perusahaan PT Rolas Nusantara Mandiri memproduksi chocolate bar siap makan “Glen’s Choco” yang rasanya tak kalah enak dengan coklat-coklat terkenal, hehe.

Glen’s Choco dapat dibeli langsung di Doesoen Kakao, Banyuwangi atau dapat melalui website PT Rolas Nusantara Mandiri (www.rollaas.co.id) dan di e-commerce lainnya.