Ekspor Perdana Kopi Robusta Kebun Malangsari

10,064 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Surabaya (13/12) – Kebun Malangsari PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) melepas ekspor Kopi Robusta perdana tahun 2019 sebanyak 45 ton ke Negara Italia pada Jumat, 13 Desember 2019. Kegiatan yang bertujuan untuk memacu peningkatan pariwisata Banyuwangi terutama di sektor Wisata Kopi ini dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Azwar Annas beserta jajaran, Direktur Utama PTPN XII, M. Cholidi, Seluruh Manajer Kebun PTPN XII Wilayah Banyuwangi, Camat, Kapolres, Dandim, Mahasiswa, Siswa dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. “Kabupaten Banyuwangi terus memacu dan memperkenalkan Kopi sebagai salah satu sektor pariwisata Banyuwangi agar semakin dikenal dunia”. Ujar Annas disela acara ekspor Kopi. Tak hanya ekspor kopi perdana, kegiatan ini juga diselingi pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim sekitar Kebun, peninjauan prosesing kopi UMKM dan beberapa hiburan khas banyuwangi diantaranya Tari Gandrung.

Sebagaimana diketahui bersama, Kebun Malangsari merupakan salah satu kebun milik PTPN XII yang membudidayakan Kopi Robusta dengan luas hampir 2.600 ha. Terletak di Desa Kalibaru Kulon, Kalibaru – Banyuwangi Kopi Robusta Kebun Malangsari juga terkenal dengan brand produk spesialnya yakni kopi lanang. Tahun ini, Kebun Malangsari mampu memproduksi Kopi sebanyak 1.304 ton yang rencananya akan diekspor ke beberapa Negara di dunia antara lain Italia, Jepang, UK, Jerman dan Australia.
“Ini merupakan ekspor perdana di tahun 2019 dari Kebun Malangsari, hanya sebagian kecil dari total produksi Kebun Malangsari yang jumlahnya mencapai 1.304 ton, dan semoga meningkat di tahun – tahun berikutnya”, ujar M Cholidi.

Sebelumnya, acara serupa juga digelar di salah satu Kebun Kopi lain milik PTPN XII di Banyuwangi yakni Kebun Kaliselogiri, dengan mengekspor perdana sebanyak 378 ton ke Italia, inggris dan Jepang.