Wisata Waduk Sidodadi

33 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Desember 2015 lalu, Waduk Sidodadi, Banyuwangi, Jawa Timur milik PTPN XII resmi dibuka oleh Ibu Rino Soemarno selaku Menteri BUMN. 

Pesona waduk yang awalnya hanya lahan perkebunan kakao ini cukup ‘cantik.’ Waduk yang berada di atas lahan 6,8 hektare ini dikelilingi bukit dan perkebunan yang indah. 

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan waduk dengan perahu. Juga ada wahana bermain seperti bebek air. Semua fasilitas, termasuk fasilitas umum, seperti resto, musala dan lain sebagainya juga disediakan di sekitar waduk.

Bagi pecinta petualangan, disediakan Jeep Willys untuk keliling waduk yang berada di Kecamatan Glenmore ini. Kemudian ada All Terrain Vehicle (ATV) atau kendaraan jelajah segala medan. 

Ada juga mini ‎trail bagi pelancong yang ingin menikmati pesona alam sekitar waduk dengan motor. ‎Tak cuma itu, disana juga terdapat arena outbound, seperti flying fox, sepanjang 160 meter yang melintas di atas waduk.

Awalnya, Waduk Sidodadi adalah lahan perkebunan kakao seluas 0,7 hektar milik PTPN XII. Kemudian, pada bulan Juli 2015, dibangunlah waduk untuk pengairan. 

Karena lahannya itu bagus, ada seperti cekungan pada tanahnya, dibangunlah waduk, yang akan dikonversikan ke tanaman tebu. Setelah waduk jadi, ternyata view-nya bagus, sehingga dijadikanlah tempat wisata. 

Dan sekadar tahu, Waduk Sidodadi juga dijadikan start pertama kompetisi International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016, yang merupakan salah satu event rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest). ITdBI 2016.