Waduk Sidodadi, Taman Wisata dengan Nuansa Alam Indah

 14,200 total views,  6 views today

Waduk Sidodadi awalnya adalah sebuah waduk yang difungsikan untuk pengairan tebu bagi warga setempat. Dengan area yang cukup serta potensi alam yang dimiliki akhirnya waduk ini dijadikan sebaga sebuah objek wisata. Destinasi wisata Waduk Sidodadi ini dikelola oleh PTPN XII Kebun Kendeng Lembu.

waduk sidodadi
waduk sidodadi

Wisata Waduk Sidodadi memiliki konsep wisata taman dengan nuansa alam yang indah. Disekitarnya terdapat tanaman dan pepohonan yang tumbuh mengelilingi area waduk. Menjadikan pemandangan indah yang asri dan alami.

Bentuk waduk ini berbeda dengan waduk pada umumnya yang berbentuk simetris. Waduk Sidodadi ini memiliki bentuk yang tidak beraturan. Sebuah lengkungan kanal-kanal dengan gundukan seperti pulau-pulau kecil ditengahnya.

Di objek wisata ini tersedia berbagai kegiatan seru dan menarik. Mulai dari menikmati pemandangan waduk hingga, naik perahu atau mainan air, bermain ATV, gokart, flying fox hingga memancing. Ditambah dengan beberapa spot foto keren dan instagramable.

Alamat

  • Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,- / orang.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Rute ke Waduk Sidodadi

Untuk menuju lokasi wisata Waduk Sidodadi cukup mudah. Lokasinya berjarak 2 Km dari jalan pintas selatan Banyuwangi-Jember. Serta satu kasawan dengan pabrik gula Gkenmore.

Objek wisata ini mudah dijangkau bahkan untuk wisatawan dari luar Banyuwangi. Sudah terdapat petunjuk jalan yang akan mengarahkan wisatawan menuju lokasi waduk.

Transportasi

Lokasi wisata WadukSidodadi letaknya cukup strategis. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi wisata bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Sepanjang jalan menuju lokasi wisata sudah mulus.

Wisatawan bisa memilih transportasi umum yang ada di Banyuwangi. Seperti angkot atau ojek motor yang akan langsung membawa anda ke Waduk Sidodadi.

Ada Apa di Waduk Sidodadi

Ada banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan di objek wisata Waduk Sidodadi. Dari mulai menikmati keindahan alam sekitar waduk, permainan seru, memancing hingga camping ground.

Menikmati Pemandangan Waduk Dan Sekitarnya

Objek wisata Waduk Sidodadi mengusung konsep wisata taman dengan nuansa alam yang indah. Disekitar waduk terdapat pepohonan rindang yang tumbuh mengelilingi area waduk. Menjadikan pemandangan alam indah, asri sejuk dan alami.

naik perahu di waduk sidodadi
naik perahu di waduk sidodadi. sumber : banyuwangibagus.com

naik perahu waduk sidodadi
naik perahu waduk sidodadi. sumber : banyuwangibagus.com

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan waduk Sidodadi dengan menaiki perahu. Tersedia perahu yang siap digunakan untuk mengajak pengunjung berkeliling sekitar waduk.

Selain perahu, juga tersedia mainan air berbentuk bebek-bebekan besar. Untuk menjalankannya harus dikayuh dengan penumpang maksimal 2 orang.

  • Tarif Perahu : Rp.3.000,- / orang.
  • Tarif Perahu Bebek Rp.10.000,- / perahu untuk 2 orang.

Wahana Permainan Seru

Di objek wisata Waduk Sidodadi telah dilengkapi dengan beragam kegiatan alam seru dan menarik. Mulai dari bermain ATV, gokart, hingga memancing.

bermain atv
bermain atv. google maps. sumber : Yudi Ardian

Bagi yang menyukai tantangan anda bisa mencoba wahana flying fox sepanjang 160 meter. Spot pendaratan flying fox ini berada di salah satu pulau kecil yang berada di tengah waduk.

  • Flying fox Rp.10.000,- / orang.
  • Sewa ATV (2 orang) Rp.50.000,- / 2 kali putaran.
  • Sewa ATV (2-4 orang) Rp.60.000,- / 2 kali putaran.

Spot Foto Instagramable

Ditempat wisata ini tersedia beberapa spot foto menarik dan intstagenic. Diantaranya terdapat spot foto jembatan gantung dan taman bunga yang indah. Anda juga bisa berswafoto dengan latar pemandangan waduk atau sambil naik perahu mengelilingi waduk.

Camping Ground

Bagi pengunjung yang ingin berkemah di Waduk Sidodadi juga menyediakan area camping ground.

camping area waduk sidodadi
camping area waduk sidodadi. google maps. sumber : Supono M.Pd.

Fasilitas Waduk Sidodadi

Beberapa fasilitas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata Waduk Sidodadi diantaranya :

  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung / Kantin

Hotel Sekitar Waduk Sidodadi

  • Hotel Minak Jinggo
  • Hotel Raung View
  • Hotel Glenmore
  • Margo Utomo Eco Resort
  • Mahkota Hotel

Video Waduk Sidodadi

Penutup

Wisata Waduk Sidodadi memiliki konsep wisata taman dengan nuansa alam yang indah. Selain menikmati pemandangan waduk yang indah. Di objek wisata ini juga tersedia berbagai kegiatan seru dan menarik. Mulai dari menikmati pemandangan waduk hingga, naik perahu atau mainan air, bermain ATV, gokart, flying fox hingga memancing. Ditambah dengan beberapa spot foto keren dan instagramable.

Objek wisata Waduk Sidodadi setiap harinya ramai dikunjungi wisatawan terutama akhir pekan. Objek wisata alam ramah anak yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Sumber: https://www.nativeindonesia.com/waduk-sidodadi-taman-wisata-dengan-nuansa-alam-indah/