Kebun Teh Gunung Gambir Maupun Kertowono, Destinasi Paling Menantang Para Goweser, Gak Perlu Rekomendasi…Langsung Datangi !

 1,008 total views,  1 views today

Destinasi wisata Kebun Teh Gunung Gambir maupun Kertowono yang milik PTPN XII sering jadi sasaran par goweser, mereka olahraga sekligus menikmati wisata. (FOTO :  LA / youtube/wisatainfo.com/ EssaG)
Destinasi wisata Kebun Teh Gunung Gambir maupun Kertowono yang milik PTPN XII sering jadi sasaran par goweser, mereka olahraga sekligus menikmati wisata. (FOTO : LA / youtube/wisatainfo.com/ EssaG)

LamonganNetwork.Com – Perkebunan dimana-mana pasti mengasyikkan. Seperti Kebiun Teh misalnya. Obyek kebun alami yang dikelola mulai zaman koloni silam, sampai sekarang terus berkembang.

Bukan cuma kebun teh di Jawa Barat Jawa Timur pun Kebun Teh itu ada yang bertahan Profesional. Seperti Kebun Teh Gunung Gambir Jember dan Kebun Teh Kertowono Lumajang. Keduanya milik PT Perkebunan Nusantara XII.

Kebun Teh Gunung Gambir sebagai mana diurai dalam Wikipedia, dikelola oleh kolono Belanda tahun 1918. Saat itu, kawasan tersebut layaknya kebun teh pada umumnya, menghasilkan teh-teh berkualitas.

Setelah kemerdekaan maka seluruh aset koloni dinasionalisasi. Termasuk kawasan Kebun Teh Gunung Gambir, yang akhirnya pengelolaan perkebunan tersebut berada di bawah PTPN XII.

Pun Kebun Teh Kertowono Lumajang, nyaris tak beda secuilpun. Hanya beda lokasi. Sedang kontur tanah perkebunannya sama, sangat memikat, indah dan menawan.

Seiring perkembangan jaman, kawasan tersebut menjadi sering dikunjungi orang, sebagai tempat yang nyaman untuk melepas penat, walaupun hanya sesaat.

Begitu besarnya potensi alam yang dimiliki di kawasan Kebun Teh Gunung Gambir dan Kebun Kertowono, maka perlahan mulai ditata, bukan hanya sebatas kebun teh biasa, namun jadi destinasi wisata. 

Daya tarik yang coba diberikan oleh Kebun Teh Gunung Gambir adalah: Panorama alam yang menyejukkan mata memandang. Kebun Teh GunungGambir punya luas 183 hektar.

Berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru Jember Jawa Timur. Tepatnya di lereng pegunungan Argopuro, sektar ± 60 km dari pusat kota dan terletak pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut.

Kebun Teh terhampar alam, menghiasi sepanjang kiri dan kanan jalan. perjalan menuju kebun teh dibutuhkan kesabaran karena akses jalan menuju ke tempat wisata masih banyak bebatuan.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi wisata membutuhkan kurang lebih 1 jam 40 menit. Kebun teh Gunung Gambir memiliki beberapa fasilitas seperti Jogging Track, Penginapan dan Villa.

Villa tarif per malam Rp. 150.000 – Rp. 250.000,-, Lapangan Tenis, Camping Ground dan fasilitas umum lainnya. selain panorama alamnya yang sangat mempesona (seperti padang savana), pengunjung dapat menyaksikan prosespemetikan pucuk teh, pengeringan, pengemasan bahkan juga dapat mencicipinya, terdapat spot – spot foto, terdapat jembatan kayu instagenic yang memiliki panjang jembatan sekitar 200 m.

Diupayakan berangkat pagi sekali, kondisi harus prima dan kendaraan dalam keadaan baik pula. Tempat wisata ini buka selama 24 jam dengan harga tiket Rp 3.000 per orang. Parkir roda 2 Rp 2.000, roda 4 Rp 5.000.

Demikian Kebun Teh Kertowono Lumajang. Seperti dilansir kelumajang.com, kebun wisata ini terletak sekitar 10 kilometer dari arah utara Kota Lumajang, pesona dan himpunan hijaunya, menyegarkan mata Anda.

Kebun Teh Kertowono Lumajang punya pabrik teh yang kualitasnya dikenal dunia.
Kebun Teh Kertowono Lumajang punya pabrik teh yang kualitasnya dikenal dunia. (FOTO : LA / youtube / EssaG)

Udara pegunungan yang segar juga akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mengunjungi pabrik teh yang berdekatan dengan Kebun Teh Kertowono.Di sini, Anda bisa melihat proses pengolahan teh berkualitas dunia.

Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Area parkir, rest area, tempat beribadah, dan toilet tersedia dengan baik.

Hampir setiap libur Sabtu dan Minggu, kerapa kelompok goweser sering bertualang ke Kebun Teh Gunung Gambir maupu  Kertowono Lumajang. Destinasi wisata Jember dan Lumajang yang sangat memukau. ***

Sumber: https://lamongan.jatimnetwork.com/gaya-hidup/74111163361/kebun-teh-gunung-gambir-maupun-kertowono-destinasi-paling-menantang-para-goweser-gak-perlu-rekomendasilangsung-datangi

Leave a Reply

Your email address will not be published.