Petik Tebu Manten TMA 2024, Harapan Panen Melimpah dan Gula Berkualitas

 16,075 total views,  1 views today

Petik Tebu Manten TMA 2024, Harapan Panen Melimpah dan Gula Berkualitas
Region Head PT Perkebunan Nusantara I Regional 5, Winarto, membuka Tebang Muat Angkut (TMA) 2024 di Kebun Kalitelepak, Glenmore, Banyuwangi. (ron/afederasi.com)

Banyuwangi, (afederasi.com) – Prosesi perdana selamatan “Petik Tebu Manten” yang dilaksanakan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 5 Kebun Kalitelepak, Glenmore, Banyuwangi, sebagai penanda musim tebang tebu 2024 telah dimulai, Jumat (24/5/2024).

Petik Tebu Manten yang baru pertama kali dilakukan khususnya di Banyuwangi, adalah tradisi selamatan PTPN I Regional 5 sebelum memulai musim Tebang Muat Angkut (TMA).

Kegiatan tersebut meliputi selamatan dan doa bersama dengan tujuan agar selama proses panen berjalan lancar, aman, sesuai rencana dan hasil panen melimpah.

“Kegiatan ini berisi harapan agar hasil panen tahun ini dapat menghasilkan gula yang melimpah dan berkualitas,” kata Region Head PTPN I Regional 5, Winarto. 

Winarto menjelaskan, sebagai holding perkebunan yang diberikan amanah untuk mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah swasembada gula nasional. PTPN I Regional 5 melalui Kebun Kalitelepak telah menyiapkan bahan baku yang berkualitas dengan mutu Manis Bersih dan Segar (MBS).

Untuk mewujudkan cita-cita itu, lanjut dia, PTPN I Regional telah menyiapkan segala sarana dan prasarana guna mensukseskan TMA 2024. Pada musim tebang ini, pihaknya melakukan kontrak angkutan dengan 700 unit dan kontrak dengan tenaga tebang yang mencapai 4.900 personil.

“Pada musim tebang ini kita menyiapkan bahan baku yang berkualitas MBS. Bahan baku tersebut didapat dari lahan seluas 6.100 hektar,” jelasnya. 

Senada Manajer Kebun Kalitelepak, Hastudy Yunarko menambahkan, TMA 2024 pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu untuk mensukseskan musim panen tebu tahun ini. Dengan komitmen menyiapkan bahan baku MBS, hasil panen tebu 100 persen akan disuplai ke Pabrik Gula Glenmore.

“Kita telah melakukan pendataan dan perhimpunan untuk mempersiapkan TMA 2024. Semoga semua berjalan lancar dan sukses,” jelas Koko, sapaan akrab Manajer Kebun Kalitelepak. 

PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak, lanjut dia, juga berkomitmen mendukung cita-cita untuk mewujudkan program pemerintah swasembada gula, dengan menyiapkan bahan baku berkualitas dan sarana prasarana untuk mensukseskan TMA 2024.

“Kita sudah selesaikan semuanya, dan semua sudah siap support mensukseskan TMA 2024,” terangnya.

Ditempat yang sama, General Manajer Pabrik Gula (PG) Glenmore, Sugondo mengungkapkan, pihaknya sangat siap menghadapi TMA 2024. Sarana dan prasarana untuk penggilingan tebu guna mensukseskan musim giling sudah disediakan sejak jauh hari guna mensukseskan musim giling.

“Kita sudah siap untuk memproduksi gula. Progresnya telah mencapai 100 persen,” ungkapnya.

PG Glenmore, lanjut Sugondo, telah mempersiapkan strategi untuk pencapaian target yang telah direncanakan, antara lain melakukan maintenance rutin guna mengoptimalkan potensi rendemen tebu.

“Kita sangat optimis bisa meraih target giling tebu satu juta ton,” pungkasnya. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published.