Peringati Hari Ibu, SPBUN PTPN XII Beri Apresiasi Pekerja Perempuan

 3,309 total views,  4 views today

Apresiasi untuk sejumlah pekerja perempuan perwakilan seluruh unit kerja di Convention Hall Kebun Wonosari, Lawang, pada 21 Desember 2021 lalu.

Surabaya (22/12) – Serikat Pekerja Perkebunan PT Perkebunan Nusantara XII (SPBUN PTPN XII) bersama Manajemen PTPN XII memperingati Hari Ibu dengan memberikan apresiasi untuk sejumlah pekerja perempuan perwakilan seluruh unit kerja di Convention Hall Kebun Wonosari, Lawang, pada 21 Desember 2021 lalu.

Kegiatan yang mengusung tema “Pekerja Perempuan Tangguh dalam Berkarya, Harmonis dalam Keluarga” tersebut, dihadiri oleh 35 orang nominator yang terpilih sebagai pekerja perempuan terbaik di tingkat unit kerja untuk menerima penghargaan dari Board of Management PTPN XII dan SPBUN PTPN XII.

Direktur PTPN XII, Siwi Peni dalam sambutannya yang dibacakan oleh SEVP Business Support PTPN XII, Tri Septiono, menjelaskan bahwa pemberian apresiasi tersebut terinspirasi dari para pekerja perempuan PTPN XII yang senantiasa memberikan kontribusi karya demi keberlangsungan perusahaan dan tetap melaksanakan amanah dalam menunaikan tugasnya sebagai ibu dalam keluarga.

“Saya berharap pemberian apresiasi melalui Serikat Pekerja Perkebunan ini dapat memotivasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas serta mendorong kinerja yang baik untuk pekerja perempuan,” jelas Tri.

Ketua Umum Serikat Perkebunan (SPBUN) PTPN XII, Ganang Hadi Pantara, menambahkan bahwa saat ini total karyawan di PT Perkebunan Nusantara XII berjumlah 8.388 orang dengan komposisi pekerja perempuan sebanyak 1.324 orang atau sekitar 16% dari total keseluruhan karyawan. Berdasarkan data tersebut, maka pemberian apresiasi dan penghargaan kepada pekerja perempuan dinilai penting dalam rangka mewujudkan kiprah yang baik dalam mendukung kesetaraan gender, serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan penuh motivasi dalam pencapaian peningkatan kerja bagi pekerja perempuan.

“Pekerja perempuan mempunyai peran ganda, yakni sebagai pekerja yang harus melaksanakan tugas untuk perusahaan dan sebagai ibu dalam keluarganya. Sehingga membutuhkan perlindungan, dukungan, pemberdayaan, dan penghargaan atau apresiasi,” terangnya.

Setelah melalui serangkaian tahap seleksi dan penilaian, ditetapkan tiga orang pekerja perempuan terbaik tingkat perusahaan yang berhak membawa pulang tropi, sertifikat, serta hadiah uang tunai senilai total jutaan rupiah.

Salah satu nominator Pekerja Perempuan Terbaik dari unit kerja Kebun Bantaran, Siti Rohmah, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan karena telah dipercaya sebagai salah satu pekerja perempuan terbaik.

“Saya merasa senang dan berterima kasih kepada PTPN XII yang telah membantu saya untuk memperbaiki ekonomi keluarga, semoga PTPN XII semakin jaya dan terus memperhatikan kesejahteraan karyawannya”, pungkas perempuan yang juga bekerja sebagai Mandor Sortasi Teh dan telah mendedikasikan diri untuk bekerja di PTPN XII selama 36 tahun.