Komisi VI Tinjau Perkembangan Kinerja PT INKA, Pelindo, PNM dan PTPN XII di Banyuwangi

 106 total views,  1 views today

Komisi VI meninjau perkembangan kinerja PT INKA, Pelindo, PNM dan PTPN XII di Banyuwangi terutama yang terdampak Covid-19.

Komisi VI Tinjau Perkembangan Kinerja PT INKA, Pelindo, PNM dan PTPN XII di Banyuwangi
Anggota Komisi VI DPR RI (Instagram/masfaisolriza)

AKURAT.CO, Komisi VI DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja Spesifik ke Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan atas perkembangan kinerja ke PT Industri Kereta Api (INKA), PT Pelabuhan Indonesia, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. 

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengatakan, pihaknya hendak melihat perkembangan kinerja BUMN yang ada di Banyuwangi, terutama yang terdampak Covid-19.

Dalam pertemuan yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022) tersebut, lanjut Faisol, Komisi VI DPR RI menanyakan kepada PT INKA mengenai pengembangan pengelolaan produk transportasi khusus kereta api, yang kini mengembangkan  mobil listrik dan produk lain yang dijual di dalam dan luar negeri. Termasuk pada tahun 2019, PT INKA membangun workshop di Banyuwangi, namun karena pandemi belum ada perkembangan.

“Kami memahami kondisi ini, namun, kini kami berharap INKA bisa fokus dalam  meningkatkan kapasitas produksi dalam rangka kemajuan perindustrian di Kabupaten Banyuwangi, yang berkontribusi pada peningkatan perekonomian nasional, serta dapat membantu perekonomian masyarakat di Banyuwangi,” kata Faisol. 

Kemudian, kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Faisol menanyakan mengenai progress pembangunan Boom Marina Banyuwangi yang dipersiapkan menjadi prototipe pengembangan marina nasional di Indonesia. “Boom Marina memiliki potensi luar biasa untuk menjadi pelabuhan yacht dan prototipe marina nasional. Karena itu kita perlu mengetahui progres pembangunan ini. Selain itu kita perlu melihat bagaimana PT Pelindo dalam membina UMKM di Banyuwangi,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut. 

Sumber: https://akurat.co/komisi-vi-tinjau-perkembangan-kinerja-pt-inka-pelindo-pnm-dan-ptpn-xii-di-banyuwangi