Peduli Pendidikan Anak di Lingkungan Kebun, PTPN XII Salurkan Beasiswa dan Alat Permainan Edukatif

 1,404 total views,  1 views today

Simbolis Penyaluran TJSL berupa beasiswa kepada perwakilan anak karyawan berprestasi di Kebun Renteng – Jember.

Surabaya (14/12) – PT Perkebunan Nusantara XII menyalurkan beasiswa kepada 28 anak karyawan berprestasi di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan total dana program Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp28.500.000,-.

Penyaluran beasiswa tersebut dilakukan secara serentak di 14 (empat belas) unit kerja PTPN XII yang berlokasi di Kabupaten Jember, Banyuwangi, Lumajang, Malang dan Kediri pada Selasa, 13 Desember 2022 lalu.

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, Winarto, menyebutkan bahwa penyaluran beasiswa untuk putra dan putri karyawan tersebut merupakan program kerja perusahaan yang sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN RI tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Penyaluran beasiswa ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada putra dan putri karyawan PTPN XII yang telah belajar dan berusaha sungguh – sungguh untuk mendapatkan prestasi di sekolah. Sekaligus juga apresiasi kepada para orang tua yang telah mendidik anak – anaknya dengan baik sehingga dapat meraih prestasi cemerlang di sekolah.”, ungkap Winarto.

Manajer Kebun Renteng PTPN XII, Fauzi Ismail dalam sambutannya pada acara simbolis penyaluran bantuan beasiswa pendidikan untuk putra – putri karyawan di Kebun Renteng, Jember berharap agar pemberian beasiswa pendidikan tersebut menjadi pemantik semangat bagi para siswa penerima beasiswa dan orang tuanya untuk terus meningkatkan prestasi.

“Pemberian beasiswa ini diharapkan menjadi motivasi bagi adik – adik penerima beasiswa agar terus rajin belajar dan meningkatkan prestasinya.”, tambah Fauzi.

Masih dalam acara yang sama, salah satu putri karyawan Kebun Renteng penerima beasiswa, Samiyatul Anggraini (16) menyatakan rasa syukur atas beasiswa pendidikan yang diberikan oleh PTPN XII untuk dirinya.

“Terima kasih kepada PTPN XII atas beasiswa pendidikan yang diberikan, semoga pemberian beasiswa ini terus berlanjut sehingga teman – teman lain yang juga berprestasi bisa terbantu biaya pendidikannya.”, tukas Samiyatul.

Salah satu TK penerima bantuan TJSL berupa Alat Permainan Edukatif (APE) dari PTPN XII

Tidak hanya penyaluran beasiswa, dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas khususnya untuk anak – anak yang tinggal di sekitar unit kerja, PTPN XII juga memberikan bantuan dana untuk pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE). Bantuan disalurkan secara bertahap di awal hingga pertengahan bulan Desember 2022 kepada 9 (sembilan) Sekolah Taman Kanak – kanak (TK) di sekitar Kebun PTPN XII yang berlokasi di Jember, Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo, dengan total bantuan senilai Rp40.936.000,00. (empat puluh juta sembilan ratus tiga puluh enam ribu rupiah).

Kepala Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN XII, Adhi Priyo Utomo menerangkan bahwa pemberian bantuan dana program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk pengadaan Alat Permaianan Edukatif (APE) ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini di sekitar unit kerja PTPN XII serta membantu para pendidik untuk memberikan pembelajaran yang lebih optimal kepada peserta didik.

“Kami berharap anak – anak di Kebun dapat tetap belajar sambil bermain dengan fasilitas yang aman dan memadai meskipun sekolahnya di dalam area perkebunan.”, tutur Adhi.

Kepala Sekolah TK Tunas Jaya yang merupakan salah satu TK penerima bantuan dana TJSL, Haryani mengucapkan terima kasih atas bantuan dana yang diberikan oleh PTPN XII untuk pengadaan APE di sekolah yang ia pimpin.

“Alhamdulillah, sebagai tenaga pengajar kami merasa senang dan terbantu dengan adanya program penyaluran dana TJSL untuk pengadaan APE ini, kami berharap program ini terus berlanjut ke sekolah – sekolah lain di sekitar kebun yang juga perlu dukungan untuk menyediakan fasilitas belajar dan bermain untuk anak – anak yang kualitasnya baik sehingga anak – anak bisa belajar dan bermain denga aman dan nyaman.”, kata Haryani. (HUM)