Agrowisata Kebun Teh Kertowono Gucialit, Destinasi Wisata Alam Menarik di Lumajang

 35,360 total views,  17 views today

Perkebunan Teh Gucialit biasa disebut juga dengan nama Kebun Teh Kertowono. Merupakan kawasan perkebunan teh yang dikelola dan berada dibawah naungan PT. Perkebunan Nasional XII (PTPN XII). Kebun Teh Kertowono Gucialit masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

kebun teh gucialit lumajang
kebun teh gucialit lumajang. google maps. sumber : Della Rosalinda

Komoditi andalannya yaitu teh dari hasil perkebunan teh dengan area yang sangat luas. Jenis teh yang ditanam dikawasan perkebunan ini adalah teh hitam. Selain komoditi teh juga terdapat tanaman holtikultura seperti kelapa, gula kelapa dan aneka kayu.

Berdiri sejak tahun 1910 oleh NV Ticderman Van Kerchen (TVK). Sebuah perusahaan milik pemerintah Belanda yang membuka lahan tersebut sejak 1875. Kebun Teh Kertowono Gucialit berada diatas ketinggian 650 hingga 1250 mdpl. Dengan area yang sangat luas sekitar 931,82 hektare.

Saat ini Kebun Teh Kertowono Gucialit tidak hanya difungsikan sebagai penghasil teh saja. Juga sebagai wisata agro yang mampu menarik kunjungan wisatawan. Menawarkan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau membentang luas. Udara sejuk dan segar serta pemandangan indah pegunungan.

Kawasan kebun teh ini dikelilingi sejumlah gunung di Jawa Timur. Selain Gunung Semeru disebelah barat, pengunjung juga akan disajikan keindahan pegunungan lain disekitar Kabupaten Lumajang. Seperti Gunung Lemongan, Raung dan Argopuro yang terletak di sebelah timur.

Tersedia beragam kegiatan seru yang ditawarkan Kebun Teh Kertowono Gucialit. Wisatawan bisa bermain sepeda menyusuri area kebun teh. Area camping ground, bukit inspirasi hingga puncak 74. Disini juga terdapat berbagai spot foto keren dan menarik, serta jembatan kayu yang instagramable.

Wisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit juga menawarkan konsep ekowisata. Ada pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi dengan baik. Wisata edukasi seputar tanaman teh, dimana pengunjung akan diajak pengelola untuk melihat proses pengolahan teh. Mulai dari pemetikan hingga proses Cup Tasting atau mencicipi teh.

Alamat Kebun Teh Kertowono Gucialit

  • Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Setiap hari ( Jam 08.00 – 17.00 )

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp.5.000,- / orang.

Rute ke Kebun Teh Kertowono Gucialit

Jarak dari pusat Kota Lumajang sekitar 21 Km. Dengan estimasi waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit. Dari kota Lumajang menuju ke arah Kecamatan Guci Alit melalui Jl. Raya Gucialit. Akses jalan lain yang bisa dilewati yaitu dari arah barat, Surabaya ke Probolinggo menuju ke arah selatan Jember atau bisa lewat Malang.

Transportasi

Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor. Kendaraan umum untuk menuju ke perkebunan teh Gucialit ini cukup sulit.

Jarang kendaraan umum yang menuju tempat ini. Perlu menunggu kendaraan umum 3 jam sekali, sehinngga disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada Apa di Kebun Teh Kertowono Gucialit

perkebunan teh kertowono gucialit
perkebunan teh kertowono gucialit. google maps. sumber : Della Rosalinda

Kebun Teh kertowono gucialit tidak hanya difungsikan sebagai penghasil teh saja. Saat ini juga sebagai wisata agro yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

Wisatawan bisa menikmati berbagai keindahan yang ada di Perkebunan Teh Gucialit. Tidak hanya menawarkan pemandangan hamparan tanaman teh hijau yang luas. Disini juga tersedia berbagai kegiatan alam seru dan menarik. Udara sejuk dan segar dengan pemandangan indah pegunungan.

Kebun Teh Dikelilingi Pemandangan Pegunungan

pemandangan pegunungan kebun teh gucialit
pemandangan pegunungan kebun teh gucialit. google maps. sumber : Visit Lumajang

Kebun Teh Kertowono Gucialit berdiri sejak tahun 1910. Didirikan oleh NV Ticderman Van Kerchen (TVK). Yaitu sebuah perusahaan milik pemerintah Belanda yang membuka lahan tersebut sejak 1875.

Disini wisatawan akan disajikan dengan dengan pemandangan hamparan tanaman teh yang membentang luas. Memiliki area yang sangat luas sekitar 931,82 hektare.

spot foto kebun teh gucialit latar pegunungan
spot foto kebun teh gucialit latar pegunungan. google maps. sumber : Visit Lumajang

Perkebenunan Teh Kertowono Gucialit berada diatas ketinggian 650 hingga 1250 mdpl. Dikelilingi pemandangan epik pegunungan yang ada di Jawa Timur. Sebalah barat terdapat Gunung Semeru, sedangkan di sebelah timur ada Gunung Lemongan, Raung dan Argopuro.

Wisata Edukasi Kunjungan Ke Pabrik Teh

pabrik teh kertowono gucialit
pabrik teh kertowono gucialit. google maps. sumber : Sofyan Pasru

Wisata di Perkebunan Teh Kertowono Gucialit juga menawarkan konsep ekowisata bagi pengunjung. Wisata edukasi teh dimana pengunjung akan diajak untuk melihat proses pengolahan daun teh. Ada pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi dengan baik hingga saat ini.

Rombongan berangotakan minimal 10 orang. Anda akan diajak melihat kegiatan didalam pabrik dengan ditemani oleh soerang pemandu. Mengamati dan melihat langsung mulai dari pemetikan, sortir, hingga proses Cup tasting atau mencicipi teh hasil dari perkebunan.

Pabrik Teh PTPN XII Kertowono memiliki alat mesin pengolahan yang masih asli. Mulai dari mesin penggilingan, pengeringan, sortasi dan lain-lain. Dalam sebulan, Perkebunan Teh Kertowono Gucialit mampu memproduksi lebih dari 50 ton teh. Dan pemasarannya pun mampu menmbus pasar internasional

Tidak hanya dikonsumsi didalam negeri. Produk unggulan berkualitas tinggi tersebut juga diekspot ke berbagai negara. Seperti negara Belanda, Perancis, Inggris, Arab Saudi dan lain sebagainya.

Sunrise Di Kebun Teh Gucialit

menikmati sunrise di kebun teh gucialit
menikmati sunrise di kebun teh gucialit. google maps. sumber : Susi Susilowati

Perkebunan Teh Kertowono Gucialit menawarkan pemandangan alam yang indah dan sangat epik. Pemandangan hamparan tanaman kebun teh yang dikelilingi pegunungan.

Disini terdapat spot Bukit Inspirasi. Wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau Sunrise yang indah dengan latar pegunungan.

Penginapan Peninggalan Belanda

rumah jaman belanda
rumah jaman belanda. google maps. sumber : Sofyan Pasru

Kebun Teh Kertowono ini merupakan peninggalan jaman Belanda dan sudah ada sejak tahun 1910. Sekitar kawasan perkebunan terdapat beberapa bangunan rumah peninggalan Belanda. Masih berdiri kokoh dan bentuknya masih utuh dengan arsitektur bangunan lawas. Rumah-rumah peninggalan Belanda di sekitar Desa Gucialit tersebut bisa disewa sebagai tempat menginap.

Spot Foto Menarik

spot foto di kebun teh gucialit
spot foto di kebun teh gucialit. google maps. sumber : Visit Lumajang
spot jembatan kayu perkebunan teh gucialit
spot jembatan kayu perkebunan teh gucialit. google maps. sumber : Visit Lumajang

Selain menikmati keindahan alam disini juga tersedia beberapa spot foto keren dan menarik. Salah satunya adalah jembatan kayu yang membentang luas diantara perkebunan teh. Spot lain yangditawarkan yaitu berswafoto dengan latar pemandangan gunung dan laut.

Camping Ground

Kebun Teh Kertowono Gucialit juga menyediakan Camping Ground. Untuk camping tempat di Kampung baru (KBR) atau di Bukit Inspirasi dan Puncak 74.

Fasilitas Kebun Teh Kertowono Gucialit

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang sudah dilengkapi dengan saran umum dan fasilitas lengkap dan memadai.

  • Area Parkir kendaraan
  • Villa Penginapan
  • Aula Rapat
  • Warung wisata
  • Spot foto instagramable
  • Wahana permainan menarik
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Gazebo dan tempat duduk

Hotel Sekitar Kebun Teh Kertowono Gucialit

Hotel, villa atau penginapan sekitar Kebun Teh Kertowono Gucialit.

  • SPOT ON 2378 Omah Nusantara Homestay
  • Hotel Somanake
  • Hotel Maharaja

Video Kebun Teh Kertowono Gucialit

Video Kebun Teh Kertowono Gucialit berikut dikutip dari chanel : Donie&drone

Penutup

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang merupakan tempat wisata menawarkan keindahan hamparan tanaman teh yang luas. Udara sejuk dan segar serta pemandangan indah pegunungan.

Wisatawan bisa menikmati keindahan yang ada di perkebunan teh ini. Tersedia beragam kegiatan seru yang ditawarkan Kebun Teh Kertowono Gucialit.

Disini wisatawan bisa bermain sepeda menyusuri area kebun teh. Area camping ground, bukit inspirasi hingga puncak 74. Dilengkapi dengan berbagai spot foto keren dan menarik, serta jembatan kayu yang instagramable.

Sumber: https://www.nativeindonesia.com/wisata-kebun-teh-kertowono-gucialit-agrowisata-menarik-di-lumajang/